HPL

Untuk membuat furniture dengan finishing natural dan food grade, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya akan diterangkan di bawah ini.

Menggunakan Cat Lengkap

Aplikasi finishing dengan cat lengkap adalah salah satu cara paling umum menghasilkan mebel dengan warna natural. Yang dimaksud dengan cat lengkap adalah penggunaan:

1. Aplikasi dempul dan filler sebagai pengisi celah dan pori kayu.
2. Aplikasi sealer untuk mengisi sisa pori kayu yang tidak terisi filler sekaligus menyiapkan warna.
3. Aplikasi warna atau stain untuk memberikan efek estetik
4. Aplikasi clear atau top coat sebagai proteksi lapisan di bawahnya serta pemberi tingkat kilau pada furniture

CS BahanPerekat

Sedangkan untuk memastikan bahwa produk cat yang dipakai aman, kita harus memeriksa dan hanya menggunakan bahan finishing yang aman saja. Dari dempul sampai clear coat, semua produk harus benar-benar aman digunakan.

Menggunakan Salah Satu Bahan Finishing

Selain dapat dilakukan dengan aplikasi cat lengkap, membuat furniture dengan finishing natural dan food grade juga dapat dilakukan menggunakan salah satu atau beberapa bahan finishing saja. Tapi kita harus memperhatikan kekurangan yang diakibatkannya.
Dari segi kepraktisan memang lebih praktis, tapi hasil yang diberikan biasanya tak sebaik finishing dengan cat lengkap. Contohnya saja bila kita hanya menggunakan clear coat untuk memfinish sebuah meja makan. Hasilnya pasti tidak serata bila kita menggunakan filler dan sealer. Warna produk pun tetap, yang berubah barangkali hanya tingkat kilau meja saja.

Menggunakan Wax Kayu

Selain cat, bahan lain yang bisa digunakan untuk aplikasi finishing natural dan food grade adalah wax atau lilin. Bahan ini bisa memfinish kayu dan mempertahankan efeknya hingga satu atau dua minggu. Memang tak lama, tapi kompensasinya, aplikasi finishing dengan wax kayu sangat mudah dilakukan.

Tapi ingat, tak semua lilin atau wax bisa dipakai untuk finishing dengan tingkat keamanan food grade. Contoh lilin yang bisa diandalkan adalah beeswax atau lilin lebah. Bees wax atau lilin lebah sangat ideal dipakai untuk membuat furniture dengan finishing natural dan food grade karena tingkat keamanannya sangat baik. Tapi tidak demikian dengan lilin parafin. Lilin parafin meski bisa dipakai untuk memfinish kayu, tapi kandungannya justru taka man sehingga tak cocok untuk kebutuhan finishing seperti ini.

Menggunakan High Pressure Laminate

HPL adalah pelapis berupa lembaran tipis yang terbuat dari bahan sintetis. HPL biasanya digunakan dalam aplikasi finishing tempel untuk kayu olahan MDF, HDF, hingga papan partikel. Kini, HPL banyak tersedia dalam beragam pilihan warna termasuk warna alami. Jadi, kita pun bisa mewujudkan mebel natural dan food grade menggunakan pelapis ini.

Jangan Lupa, Gunakan Lem Aman Kita, Crossbond!

Seaman apapun produk finishing yang digunakan, tingkat keamanan akhir produk tak hanya dipengaruhi bahan tersebut. Ada bahan lain yang harus Anda perhatikan. Bahan tersebut adalah bahan perekat atau lem. Digunakan dalam perekatan laminasi ataupun perekatan struktural, lem punya pengaruh penting pada tingkat safety produk secara keseluruhan. Oleh karena itu, pilihlah lem yang tepat untuk mebel terbaik Anda.

crossbond

Lem yang kami sarankan untuk mendukung furniture natural dan food grade adalah Crossbond. Lem PVAc water based ini unggul karena:

1. Kuat (daya rekat) sangat baik
2. Tahan lama dan tidak mudah rusak oleh paparan faktor-faktor seperti air, panas, dan solvent
3. Terdiri dari dua varian yakni Crossbond X3 dan Crossbond X4
4. Cepat kering
5. Solid content tinggi
6. Viskositas medium
7. Sangat aman digunakan
8. Sangat mudah digunakan tanpa alat dan bahan tambahan

Crossbond juga bisa Anda beli dengan harga sangat terjangkau. Jadi tunggu apa lagi? Yuk gunakan Crossbond untuk mebel natural dan food grade Anda!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here