gitar mahoni

Jangan salah beli. Gunakanlah merk lem untuk kayu gitar yang bagus bila Anda ingin gitar yang diproduksi benar-benar berkualitas.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan bila kita ingin menghasilkan gitar yang bagus. Dua di antaranya adalah kayu yang dipakai dan merk lem untuk kayu gitar yang digunakan. Berikut ini penjelasan mengenai keduanya.

Kualitas Kayu

CS BahanPerekat

Seperti apa kayu yang bagus untuk membuat gitar? Pertama-tama, tak semua kayu bisa dipakai untuk menghasilkan alat musik tersebut. Kenyataannya hanya beberapa kayu saja yang ideal dipakai untuk pembuatan gitar. Berikut ini di antaranya.

Basswood

Basswood merupakan salah satu kayu yang dikenal sebagai material gitar ekonomis. Padahal, kualitas gitar dari kayu ini sebenarnya sangat bagus. Justru basswood memiliki tone yang baik dan suara yang hangat. Beberapa perusahaan gitar ternama bahkan memakai basswood untuk gitar-gitar high end mereka.

Rosewood

Rosewood biasanya digunakan untuk membuat fretboard gitar. Kayu ini berwarna gelap dan memiliki alur unik sehingga membuatnya sangat mudah dikenali.

Ash

Ash memiliki warna yang lebih cerah dibanding kayu alder. Selain itu kayu ini juga mempunyai alur yang sangat menarik. Banyak perusahaan pembuatan gitar yang memanfaatkan kayu ini. Misalnya saja Fender.

Mahoni

Kayu mahoni atau mahogany merupakan kayu yang terkenal dipakai untuk membuat gitar yang harganya mahal. Kayu ini dapat dan cocok digunakan untuk pembuatan body maupun neck. Gitar mahoni biasanya memiliki karakter dengan suara lembut (soft) dan warm. Warnanya yang menawan pun akan membuat gitar sangat memukau.

Ebony

Ebony merupakan kayu yang sangat cocok digunakan untuk pembuatan neck atau leher gitar. Kayu ini mampu menghasilkan intonasi yang baik karena sifatnya yang padat.

Sedangkan apabila kita perhatikan dari kondisi kayunya, kita perlu mengecek:
1. Usia kayu, semakin tua semakin baik
2. Kepadatan kayu yang akan berpengaruh pada suara gitar
3. Kondisi infeksi hama yang bisa dilihat dari adanya lubang dan jamur
4. Warna kayu yang berimplikasi pada estetikanya
5. Jenis kayu teras atau gubal

Merk Lem untuk Kayu Gitar yang Berkualitas

Sebagaimana dijelaskan di atas, selain kualitas kayu yang bagus, merk lem yang digunakan juga harus benar-benar baik. Lem yang ideal untuk pembuatan gitar seyogyanya:
1. Kuat dan mampu membentuk gitar menurut desainnya secara kokoh.
2. Tahan lama. Lem yang baik haruslah memiliki resistensi pada air, solvent, hingga panas.
3. Tidak menyebabkan glue line.
4. Cepat kering
5. Hemat digunakan, berat kering tinggi, serta cover area luas
6. Tidak mengandung zat-zat toksik
7. Tidak menyebabkan bau menyengat

Crossbond Menjadi Andalan Kami

Dari berbagai adhesive di pasaran, lem yang kami sarankan adalah Crossbond. Crossbond merupakan lem dengan formulasi dasar PVAc atau polyvinyl acetate water based. Lem ini sangat kuat, sangat stabil dan tahan lama, tak merusak warna, pemakaiannya sangat hemat, tidak berbahaya, serta tidak menghasilkan bau pedas menyengat.

Crossbond cocok digunakan untuk berbagai jenis kayu di atas. Merk lem untuk kayu gitar ini akan merasuk ke dalam kayu dan mengikat bahan kaya selulosa secara molekuler. Harga Crossbond pun sangat murah karena bisa Anda dapat dengan Rp. 45.000,- saja.

Tertarik mendapatkan adhesive ini? Segera hubungi kontak CS yang tercantum pada website ini.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here