kursi laminasi lengkung

Waspada! Tak semua jenis lem cukup aman untuk proses pembuatan talenan. Diperlukan beberapa kriteria yang harus diperhatikan baik dari aspek keamanan maupun teknis. Ini dia 6 kriteria utama lem untuk membuat talenan kayu yang bagus.

Pertama, Lem Harus Aman untuk Kesehatan (Food Grade)

Karena berfungsi sebagai tempat untuk memotong alat makan, jelas berbahaya kalau kita sampai memanfaatkan lem dengan kadar toksik. Pastikan produk perekat yang kita gunakan benar-benar aman. Hindari lem yang mengandung zat formalin, benzene, xylena, serta kelompok senyawa mudah menguap yang lain. Hindari juga penggunaan lem yang memanfaatkan logam berat seperti timbal. Akan lebih bagus apabila Anda menggunakan lem yang sudah mengantongi sertifikat aman berstandar internasional.

Lem untuk Membuat Talenan Harus Tahan Air

Talenan kayu atau wooden chopping board adalah salah satu perkakas dapur yang sifat penggunaannya sangat intens. Hampir setiap hari alat ini digunakan lalu dicuci. Jadi, semua bahan pembuatnya sebisa mungkin haruslah tahan terhadap air. Tanpa ketahanan tersebut, tentu kita akan rugi sendiri.

Lem untuk Laminasi

CS BahanPerekat

Ada banyak jenis lem. Dari berbagai macam varian tersebut, kita setidaknya bisa menemukan dua kelompok besar, yakni lem komponen dan non komponen. Tipe perekatan untuk talenan adalah tipe perekatan laminasi atau non komponen. Jadi, baiknya lem yang digunakan pun juga merupakan lem non komponen. Feature lem tersebut pasti telah didesain untuk kebutuhan perekatan seperti ini.

Daya Rekat Kuat

Bagaimanapun juga, fungsi utama lem ialah merekatkan satu medium ke medium lainnya. Tingkat kekuatan perekatan lem juga langsung berpengaruh ke suatu produk. Jadi, aspek ini tetaplah menjadi aspek yang wajib diperhatikan meski sifatnya umum untuk semua kebutuhan pengeleman.

Daya Sebar Luas dan Cepat Meresap

Salah satu kriteria penting lem laminasi adalah sifatnya yang cepat menyebar dan meresap. Sehingga lem akan bisa digunakan untuk area luas tanpa menimbulkan lapisan film tebal. Aspek yang bisa Anda pertimbangkan antara lain viskositas lem yang medium. Jadi, salah kalau Anda malah menggunakan lem dengan tingkat kekentalan terlalu tinggi.

Murah!

Terakhir, kalau kita bisa mendapat lem yang harganya terjangkau dengan kualitas unggulan, kenapa harus pilih yang mahal? Anda bisa mendapatkan Crossbond X4 sebagai lem yang kami rekomendasikan dengan harga Rp. 50.000,-. Lem untuk membuat talenan kayu ini sudah memiliki standar food grade, merupakan adhesive non komponen (laminasi), dan fungsinya baik. Talenan yang dihasilkan dengan lem ini akan jauh lebih berkualitas. Mari, buktikan sendiri!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here