pengaruh lem kayu untuk gitar

Ingin menghasilkan panel hingga kayu lapis berkualitas? Bila jawaban Anda iya, maka lem untuk laminasi kayu yang digunakan pun harus turut berkualitas. Berikut ini akan kami sajikan produk rekomendasi serta tips aplikasinya pada panel hingga plywood.

Apa itu Laminasi Kayu?

Istilah laminasi dapat merujuk pada beberapa proses pengerjaan kayu. Pertama, istilah tersebut acapkali digunakan ketika komponen-komponen kayu yang disatukan hingga membentuk permukaan lebih luas. Kedua, istilah laminasi juga digunakan untuk proses di mana lapisan kayu ditempel pada lapisan kayu lain atau pada media tertentu lainnya. Contoh produk-produk yang dihasilkan dengan teknik ini antara lain kayu lapis (tripleks/multipleks), panel, vinir, hpl, hingga pembuatan atau pemasangan lantai kayu (decking maupun parket).

CS BahanPerekat

Lem yang dibutuhkan untuk keperluan ini bisa bervariasi antar satu dengan yang lainnya. Namun bila Anda menggunakan lem untuk laminasi kayu khusus untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa saja mengandalkan satu adhesive untuk semua proses. Sebagai contoh adalah Crossbond X4.

Didesain khusus untuk memenuhi semua keperluan laminasi, lem ini unggul dengan berbagai karakternya. Secara umum, adhesive yang terbuat dari resin alifatik ini memiliki kualitas daya rekat terbaik, tahan lama, bisa digunakan untuk outdoor, mudah meresap, berdaya sebar luas, gampang diaplikasikan, dan bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Crossbond X4 bahkan telah didesain sesuai standar keamanan FDA Amerika Serikat yang membuatnya menjadi andalan ekspor produk dengan syarat keamanan ketat.

Untuk menggunakan lem ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk aplikasinya pada panel, kayu lapis atau plywood, serta pemasangan veneer untuk edge laminating.

Panduan Aplikasi Lem untuk Laminasi Kayu pada Kayu Lapis hingga Edge Laminating

Kayu Lapis

Kayu lapis atau plywood umumnya memiliki ketebalan 1,875 cm atau 0,75 inch. Untuk membuat plywood, tempatkan papan kayu pada 2 kuda-kuda dan oleskan dengan Crossbond X4 secara merata. Selanjutnya, tempatkan papan kayu baru di atas papan yang sudah diolesi lem tersebut. Lakukan hal ini berulang kali untuk menghasilkan produk dengan ketebalan yang Anda inginkan. Jangan lupa gunakan clamp press untuk memastikan perekatan terjadi dengan baik. Kayu lapis sendiri secara general tak memerlukan tekanan clamp press yang besar. Jadi Anda bisa menggunakan alat clamp sederhana seperti small hand clamp. Meski, untuk multipleks yang tebal, Anda jelas perlu meningkatkan tekanan clamp.

Panel

Panel kayu merupakan produk yang banyak digunakan untuk dinding maupun mebel. Cara membuatnya sederhana. Anda tinggal mengaplikasikan lem untuk laminasi kayu pada salah satu sisi komponen panel yang diletakkan pada kuda-kuda. Selanjutnya, tempatkan komponen tersebut mendatar dan tekan satu komponen dengan yang lain hingga lem muncrat keluar. Gunakan clamp press dan tunggu setidaknya 1 jam.

Edge Laminating dengan Vinir

Pernahkah Anda melihat bagian samping tripleks yang baru dipotong? Tampilan kasar dan kurang enak dilihat tersebut tentu menurunkan daya jual produk yang memanfaatkan bahan ini. Oleh karena itulah, teknik edge laminating ini lahir. Dengan vinir yang direkatkan menggunakan Crossbond X4, bagian sisi kayu lapis, mdf, dan sebagainya akan tampak lebih baik. Anda tinggal mengoleskan lem untuk laminasi kayu Crossbond dan memastikan posisinya terjaga dengan plester maupun alat-alat yang tepat. Simpel, namun hasilnya sangat signifikan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here