Ingin membuat FJLB atau Finger joint laminated board? Bila iya, untuk menerapkan finger joint pada sambungan papan kayu tersebut, selalulah andalkan Crossbond X4!

Pengertian FJLB atau Papan Kayu Finger Joint

FJLB atau papan kayu finger joint merupakan papan kayu yang dihasilkan dari banyak potongan kayu yang kemudian direkatkan dengan desain serupa finger joint. Material seperti ini dibuat dengan tujuan memenuhi papan kayu lebar yang sulit didapatkan langsung dari kayu solid. Dengan teknik ini, potongan kayu kecil yang dianggap tak berguna juga bisa diolah lebih lanjut untuk menghasilkan material yang lebih fungsional.

Menerapkan Teknik Finger Joint untuk Sambungan Papan Kayu

CS BahanPerekat

Proses pembuatan FJLB bisa dibilang memiliki prinsip yang sederhana. Hanya saja, dibutuhkan alat-alat woodworking khusus yang canggih karena tak mungkin dibuat secara manual.

Secara umum, potongan kayu panjang dipotong pendek-pendek kemudian diposisikan sejajar. Ada banyak jajaran kayu yang diperlakukan serupa. Potongan kayu yang disejajarkan ini kemudian dipotong lagi dengan ketinggian yang berbeda. Panjang pendek ketinggian kayu ini dijadikan “jari” seperti pada finger joint biasa. Artinya tiap jari memiliki pasangan sendiri-sendiri. Nantinya jari-jari ini akan ditangkupkan dengan pasangan dari jajaran kayu lainnya. Lama-kelamaan, akan dihasilkan papan kayu lebar dan panjang yang tampak memiliki pola potongan kecil kayu sebagai material dasarnya.

Membutuhkan Dukunan Lem Crossbond X4

Aplikasi finger joint pada sambungan papan kayu seperti ini membutuhkan adhesive dengan kualitas bagus. Namun pertama-tama, adhesive yang dipilih harus merupakan lem laminasi yang memang cocok untuk perekatan tipe ini.

Lem-Kayu-Super-Kuat-Crossbond

Bahanperekat.com menyediakan adhesive untuk pembuatan papan kayu finger joint atau FJLB. Adalah Crossbond X4 yang merupakan lem laminasi atau pelapisan. Lem ini terbuat dari PVAc glue yang kuat dan tahan lama. Crossbond X4 mampu meresap ke dalam kayu dan melakukan ikatan kuat dengan media tersebut. Ikatan ini memiliki resistensi tinggi atau ketahanan yang sangat baik pada air, solvent, maupun panas.

Crossbond X4 bisa Anda beli dengan hanya Rp. 50.000,-. Lem ini juga sangat mudah digunakan dan memiliki kecepatan kering ideal standar mesin. Sangat menarik bukan?

Ayo Pesan Crossbond X4 di Bahanperekat.com!

Yuk, jadikan FJLB Anda lebih bagus dengan Crossbond X4! Kami menyediakan adhesive ini untuk pemesanan dari berbagai wilayah di Indonesia. CS dan teknisis kami juga selalu hadir di kala Anda ingin berkonsultasi lebih jauh. Di bahanperekat.com, kepuasan Anda memang menjadi prioritas kami!

Jadi tunggu apa lagi, segera dapatkan Crossbond X4 untuk mendukung aplikasi finger joint pada sambungan papan kayu!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here