medium density fiberboard

Dibanding particle board, MDF hadir dengan kualitas yang lebih baik. Akan tetapi, dalam pengolahan bahan ini menjadi berbagai macam produk, tetap saja diperlukan kecermatan tersendiri. Salah satunya adalah saat kita hendak memilih merk lem untuk kayu MDF yang akan digunakan.

MDF adalah singkatan dari Medium Density Fiberboard. Seperti yang terindikasi dari namanya, bahan ini adalah kayu olahan atau engineered wood yang terbuat dari serat dengan densitas menengah. Ditilik dari asal mula pembuatannya, MDF hadir sebagai alternative kayu olahan. Mencermati bahwa hutan penghasil kayu tak pernah bertambah sedangkan kebutuhan kayu justru semakin tinggi, maka dibuatlah MDF. Bila kita bandingkan dengan particle board, material ini menawarkan kualitas yang lebih baik karena sifatnya yang lebih halus dan daya serap airnya yang tidak begitu tinggi.

Finishing MDF

CS BahanPerekat

Secara umum proses pengerjaan MDF lebih fleksibel dibanding banyak kayu olahan. Misalnya, untuk finishing material ini, bisa digunakan aneka bahan dari cat biasa hingga veneer. Namun beberapa ahli merekomendasikan pemakaian finishing tempel seperti penggunaan veneer dan HPL untuk perlindungan yang lebih baik dan hasil yang lebih maksimal.

Merk Lem untuk Kayu MDF Harus Benar-benar Bagus

Finishing tempel sebagaimana disebut di atas pada dasarnya adalah proses finishing yang dilakukan dengan menempelkan pelapis atau coating pada permukaan material. Tipe finishing ini tidak menggunakan cat, melainkan memanfaatkan pelapis dengan bahan perekat. Ingin agar finishing tempel sukses dikerjakan dengan baik? Maka perhatikanlah kualitas pelapis dengan perekatnya.

Khusus untuk perekat finishing tempel pada Medium Density Fiberboard, kami menyarankan dua jenis lem yang berbeda, yakni:

1. Crossbond X4 untuk finishing tempel dengan bahan veneer
2. Eva Phaethon untuk finishing tempel dengan HPL

Crossbond X4

Crossbond X4 merupakan lem untuk media kaya selulosa dengan karakter mirip. Lem ini didesain sebagai lem PVAc water based yang memiliki ketahanan ekstra terhadap paparan air, solvent, dan panas. Karena ketahanannya tersebut, adhesive ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksterior. Misalnya saja untuk pelapisan veneer pada meja medium density fiberboard yang diletakkan di kabin rumah.

Crossbond X4 juga memiliki kekuatan yang sangat baik, daya sebar luas, dan sangat aman digunakan. Lem ini jugamudah diaplikasikan baik secara manual maupun dengan mesin-mesin woodworking khusus. Anda bisa membeli lem ini mulai harga Rp. 50.000,- untuk kemasan 250 gram.

Eva Phaethon

Eva Phaethon merupakan lem untuk media beda karakter. Lem ini didesain sebagai lem EVA atau ethylene vinyl acetate yang memiliki ketahanan ekstra pada air, solvent, dan panas. Eva Phaethon cocok untuk perekatan HPL dengan MDF. HPL yang merupakan bahan sintetis memiliki sifat sangat berlainan dengan kayu olahan. Oleh sebab itu, pelapis ini harus dilem dengan pelapis khusus seperti Eva.

eva pheathon

Eva Phaethon juga memiliki kekuatan sangat baik dengan daya sebar luas. Adhesive ini juga mudah dikerjakan dengan teknik manual maupun dengan pemakaian mesin canggih. Anda bisa membeli lem ini dengan harga Rp. 145.000,- untuk kemasan 4 kg. Murah bukan?

Kedua lem di atas bisa Anda pesan via website ini dengan menghubungi kami via kontak CS yang tertera. Pilihlah merk lem untuk kayu MDF yang paling tepat menurut kebutuhan Anda. Pilih yang paling sesuai dengan keperluan finishing MDF, baik itu menggunakan veneer maupun HPL.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here