lantai kayu bagus

Selain wajib menggunakan lem kayu untuk finger joint yang tepat, simak pula hal-hal di bawah ini.

Benar bahwa untuk berhasil mengaplikasikan finger joint, lem yang digunakan harus benar-benar berkualitas. Pada berbagai artikel sebelumnya, kami juga sudah menekankan hal ini. Dan oleh sebab itu pula, kami merekomendasikan Crossbond sebagai lem finger joint kepada pembaca.

Meski demikian, aplikasi Crossbond juga harus disertai dengan metode pengaplikasian yang tepat. Berbagai hal lainnya juga akan menjadi kunci keberhasilan penerapan sambungan ini. Berikut ini 4 di antaranya.

4 Saran Penerapan Finger Joint

Memperhatikan Alatnya

CS BahanPerekat

Salah satu kunci kesuksesan finger joint adalah ketepatan ukurannya. Oleh sebab itu, selain harus cermat mengukur, Anda juga harus menggunakan alat yang kualitasnya baik. Misalnya alat pemotong kayunya. Jangan sampai menggunakan pemotong tumpul yang bisa membuat ukuran kayu tidak tepat.

Karakter Kayu

Perhatikan sifat kayu, baik kekerasannya sampai dengan kembang susutnya. Lakukan uji coba dulu bila Anda belum yakin. Pasalnya, meskipun seolah sama saja, namun pada dasarnya kayu memiliki sifat/karakter khususnya sendiri-sendiri. Apalagi bila Anda ingin menyambungkan kayu dari jenis yang berbeda.

Aplikasi Lem Kayu untuk Finger Joint yang Tepat

Gunakan Crossbond dengan jumlah yang cukup. Ingat meski kualitas lem kayu untuk finger joint yang digunakan sudah bagus, namun bila penggunaannya tidak tepat tentu hasilnya juga tak akan baik. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan terkait dengan hal ini adalah takutnya tukang kayu pada noda lem. Sehingga seringkali penggunaan lem kurang dari yang seharusnya diberikan. Padahal, munculnya noda lem adalah hal yang wajar dan mengindikasikan bahwa lem sudah tersebar merata.

Tunggu dengan Sabar

Gunakan clamp press setelah lem diaplikasikan pada kayu. Gunakan selama waktu yang direkomendasikan dengan tekanan yang tepat. Kadang kala kita menginginkan proses yang cepat selesai sehingga malah membuat finger joint tidak teraplikasikan sempurna. Hindarilah mindset seperti ini karena justru akan merugikan. Bila Anda ingin proses pengeringan lem tidak lama, pilih saja lem kayu untuk finger joint seperti Crossbond. Bukan malah menggunakan lem yang lambat kering namun tak sabar menunggunya.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here