talenan

Dari berbagai kreasi kerajinan dan produk-produk dari kayu yang mudah dibuat, talenan harus ada di daftar tersebut. Membuat talenan kayu nyatanya memang relatif mudah dan pada artikel ini akan kami terangkan langkah demi langkahnya kepada Anda.

Alat dan Bahan

Alat: Gergaji, las, router, planer, klem (klam), kuas/sikat lem, amplas.

Bahan: Kayu (Anda bisa memilih kayu dari berbagai jenis yang beda warna untuk mempercantik talenan), Crossbond X4, Biopolish Beeswax Pasta, cat (jika yakin aman).

Cara Membuat Talenan Kayu

Persiapan

CS BahanPerekat

Pertama, siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Mengenai jumlah bahan seperti kayu, lem, dan Biopolish, sesuaikan saja dengan jumlah talenan serta ukuran talenan yang akan dibuat. Jenis kayunya sendiri usahakan dari kelas yang baik. Dan yang pasti, bukan kayu-kayu komposit seperti MDF dan semacamnya.

Ratakan dengan Jointer

Langkah kedua, pastikan bagian pinggir kayu rata (gunakan jointer). Bila bagian permukaan kayunya juga dirasa perlu diratakan, lakukan juga langkah ini pada bagian tersebut. Intinya, Anda harus menyiapkan kayu yang setidaknya punya satu pinggiran dan permukaan yang rata. Aplikasikan pada semua bahan kayu.

Seragamkan dengan Planer

Selanjutnya, rakatakan lagi serta haluskan permukaan kayu dengan mesin planer. Jangan sampai terlalu tipis ya agar hasil talenan kayunya nanti lebih awet. Yang harus diusahakan adalah meratakan, menghaluskan, serta menyeragamkan semua tebal kayu yang akan direkatkan.

Potong

Potong-potong kayu dengan lebar sesuai rencana Anda. Ingin semua kayu berukuran sama? Bisa. Tapi bila Anda ingin membuatnya beragam tentu juga bukan masalah.

Desain Potongan Kayu

Setelah semua kayu terpotong, jajarkanlah dan atur sesuai keinginan Anda untuk membuat talenan kayu yang cantik. Anda bisa mencontoh talenan pada artikel ini. Tapi bila jenis kayu yang Anda gunakan terbatas, Anda bisa membuatnya dengan warna selang-seling atau gradasi yang menurut Anda menarik. Berkreasilah sesuai selera!

Lem

Pisahkan menjadi dua potongan kayu dan masing-masing lem dengan Crossbond X 4. Penggunaan Crossbond X 4 cocok untuk talenan karena sifatnya yang aman sekaligus tahan air. Baunya pun tak ada sehingga sangat cocok untuk keperluan ini.

Oleskan Crossbond X 4 di salah satu sisi kayu saja, lalu gunakan kuas atau bahan tertentu untuk menyebarkannya ke seluruh permukaan kayu. Gunakan mesin klem dan biarkan hingga mengering.

Ratakan dan Haluskan Lagi

Setelah proses pengeleman, Anda akan mendapati banyak sisa-sisa adhesive yang tertinggal. Jadi hilangkanlah dan bersihkanlah dan ratakan sekali lagi talenan Anda.

Lem Semua

Satukan dua bagian talenan dengan Crossbond. Gunakan mesin clamp dan tunggu hingga kering.

Amplas Lagi dan Kikis

Dengan amplas, bersihkan bekas lem dan kikis bagian yang menurut Anda masih belum rata. Bila dirasa perlu, Anda juga dapat menggunakan router untuk membuat pinggiran yang membulat. Tapi bila tidak memungkinkan, cukup pastikan bentuknya sudah simetri.

Amplas

Setelah semuanya dirasa selesai, lakukan lagi amplas dengan amplas no 220.

Biopolish

Karena akan digunakan untuk makanan, Anda harus memilih bahan finishing yang benar-benar aman. Contohnya wax polish dari natural oil dan beeswax seperti Biopolish Beeswax Pasta. Bahan ini memang tidak bersifat mewarnai seperti cat. Namun ia akan membuat kayu tampak lebih tajam, permukaannya lebih halus, dan juga lebih berkilau.

Selesai.

Sangat mudah dan praktis bukan cara membuat talenan dari kayu?

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here