sambungan kayu

Tahukah Anda, ada sangat banyak lem yang memanfaatkan bahan dasar polyvinyl acetate? Berbagai lem dengan bahan dasar ini kerap disebut sebagai lem putih. Meski demikian, jangan menyamakan satu lem putih dengan yang lainnya. Untuk kualitas terbaik, berikut ini kami sarankan adhesive-adhesive berbasis PVA pilihan.


Kita telah mengenal nama-nama bahan lem mulai dari lem epoxy sampai lem urea formaldehida. Ada juga lem cyanocaryate hingga lem ethylene vinyl acetate. Namun di antara berbagai nama adhesive tersebut, PVAc atau polyvinyl acetate adalah yang paling populer. Biasa disebut sebagai lem putih, apa yang sebenarnya dimaksud dengan adhesive ini?

Mengenal Lem Putih

Di bahanperekat.com, kita sebenarnya telah sering membahas mengenai lem berbahan dasar PVAc. Yang dimaksud PVAc glue atau biasa disebut wood glue pada dasarnya adalah lem berbahan dasar polimer vinyl sintetis. Lem ini sering kami sarankan karena memang memiliki banyak feature menarik.

CS BahanPerekat

Di pasaran, aneka jenis lem putih sudah hadir dengan berbagai merek. Penggunaannya pun bervariasi mulai untuk merekatkan kayu, kertas karton, dan berbagai material lainnya. Beragam fungsi lem ini menunjukkan pemanfaatannya memang sangat fleksibel. Meski demikian, jangan sampai kita menyamakan berbagai merek adhesive ini. Tiap manufaktur punya formulasi sendiri-sendiri yang tak bisa disamakan satu sama lain.

Nah untuk kualitas yang terbaik sendiri, berikut ini lem berbasis PVAc yang kami sarankan.

Crossbond X3 untuk Sambungan Rangka Kayu hingga Bambu

lem_crossbond_X3

Crossbond X3 dapat Anda manfaatkan untuk mengelem berbagai jenis sambungan rangka produk mulai dari rangka bangunan hingga mebel. Lem ini bisa Anda gunakan untuk merekatkan wood joint seperti finger joint, lidah dan mulut, hingga sambungan tenon. Lem ini bisa Anda beli dengan harga Rp. 45.000.

Crossbond X4 untuk Laminasi

Crossbond X4 merupakan lem yang bisa Anda pakai untuk berbagai perekatan laminasi mulai dari yang ringan hingga yang berat. Misalnya saja untuk mengelem tripleks, dinding panel kayu, pemasangan decking dan parquet, sampai pengeleman veneer. Lem ini bisa Anda beli dengan harga Rp. 50.000.

Eva Phaethon untuk High Pressure Laminate

High Pressure Laminate adalah pelapis dengan porositas sangat rendah sampai tak ada yang dalam penggunaannya tak bisa sembarang ditempelkan. Untuk mengelem HPL dibutuhkan perekat khusus seperti Eva Phaethon. Lem Eva Phaethon bisa digunakan untuk membuat partisi HPL, pintu, kabinet, dan lainnya. Lem ini bisa Anda beli dengan harga Rp. 165.000 per 4 kg.

Manakah lem putih terbaik dari ketiga varian di atas? Jawabannya tak bisa dibandingkan. Ketiga lem di atas memiliki fungsinya sendiri-sendiri yang justru bisa melengkapi satu sama lain. Yang terpenting adalah memilih bahan perekat yang tepat untuk tiap kebutuhan. Pasalnya, kerap selama ini tukang kayu dan pelaku usaha secara umum salah ambil keputusan menggunakan adhesive. Akibatnya, bukan hanya perekatan tak bisa maksimal, budget produksi pun akan meningkat besar. Bukankah hal ini sangat merugikan?

Dapatkan Lem Putih Crossbond dan Eva Phaethon di Bahanperekat.com

Ingin mendapatkan berbagai jenis lem yang kami sarankan di atas? Jangan khawatir, caranya sama sekali tidak sulit.

Baik Crossbond X3, Crossbond X4, maupun Eva Phaethon bisa Anda dapatkan secara langsung di situs ini. Anda tinggal menghubungi kami via kontak CS yang disediakan ataupun memanfaatkan fitur Pesan Sekarang.

Bagi Anda yang terbiasa membeli marketplace, pembelian juga bisa dilakukan via Bukalapak, Tokopedia, dan berbagai toko online yang lain. Jangan khawatir, di manapun Anda membeli Crossbond, kami selalu hadir dengan kualitas dan harga terbaik.

Semoga bermanfaat ya.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here