Bamboo

Mainan jadi sumber penyakit? Pertanyaan ini mungkin jarang diutarakan para orangtua, namun pada kenyataannya beragam mainan anak memang bisa menyebabkan penyakit. Sumbernya di antaranya berasal dari adhesive yang digunakan. Oleh karena itulah perlu dorongan kuat agar industri mainan anak memanfaatkan lem aman untuk mainan anak yang 100% non toksik. Salah satunya dengan tidak menggunakan adhesive dengan kandungan BTEX.

Pengertian BTEX

BTEX merupakan singkatan dari Benzena, Toulena, Etilbenzena, dan Xylena. Kelompok senyawa ini merupakan kelompok senyawa yang sebenarnya banyak ditemukan di minyak mentah dan bahan-bahan alam lainnya. Kadangkala BTEX juga ditemukan pada bekas terbakarnya hutan dan letusan gunung berapi. Namun saat ini, banyak BTEX yang terlepas ke udara atmosfer berasal dari kegiatan manusia. Misalnya menggunakan kendaraan dengan bahan bakar minyak. Hal ini jelas membahayakan. Sebab terjadi ketidakseimbangan di mana BTEX terlalu banyak terdapat di udara atmosfer.

Efek BTEX pada Kesehatan

CS BahanPerekat

Selain bisa menyebabkan ketidakseimbangan alam, BTEX juga secara langsung bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Tiap senyawa pada kelompok BTEX dapat menyebabkan gangguan pernafasan, iritasi, dan berbagai masalah kesehatan ringan lainnya. Efek yang lebih parah akan tergantung pada tiap senyawa BTEX. Ada beberapa senyawa yang merupakan faktor resiko kanker dan yang bukan. Benzena adalah contoh senyawa BTEX yang dapat menyebabkan kanker.

Awas, Lem Mengandung BTEX pada Mainan Anak!

Mengingat efeknya pada kesehatan, jelas senyawa BTEX harus selalu diwaspadai. Sayangnya, di berbagai industri kimia, BTEX sudah terlanjur sering digunakan karena terdapat dalam solvent. Solvent organik seperti thinner memang banyak mengandung BTEX dan produk-produk seperti ini kerap dipakai sebagai pengencer beragam bahan termasuk lem. Lem yang selanjutnya digunakan untuk perekat media pun menjadi sumber paparan BTEX, salah satunya pada mainan. Tentu sangat mengkhawatirkan bukan ketika mainan anak mengandung BTEX dari lemnya? Oleh sebab itulah diperlukan lem non toksik bebas BTEX seperti Crossbond.

Penggunaan lem bebas BTEX pun sebetulnya bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Apalagi penggunaan lem bebas BTEX juga akan memberikan keuntungan bagi industri mainan anak. Bagaimana tidak? Dengan mainan yang aman, tentu saja konsumen yang kebanyakan dari kalangan orangtua akan semakin mempercayai produk-produk kita. Bisa dikatakan justru pemilihan lem aman untuk mainan anak bebas BTEX jauh lebih menguntungkan apalagi untuk jangka panjang.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here