Lem Kayu Cepat Kering

Seperti apa lem untuk decking yang baik? Yuk, simak jabaran berikut ini untuk mengetahui kriteria yang harus diperhatikan dan produk yang disarankan.

Tersiram guyuran hujan hingga terkena paparan sinar matahari adalah hal yang sehari-hari harus diterima berbagai produk luar ruangan. Decking adalah salah satunya. Wooden flooring ini sangat rentan rusak sehingga harus didesain dengan hati-hati jauh-jauh hari.

Kayu yang digunakan misalnya, tak boleh dipilih dari kayu yang kelas awetnya rendah. Demikian juga catnya. Cat untuk lantai seperti decking wajib dari produk yang didesain untuk keperluan heavy duty. Cat harus tahan terhadap perubahan cuaca dan tidak mudah tergores.

CS BahanPerekat

Lantas bagaimana dengan lemnya? Menjadi komponen yang berfungsi vital membentuk decking itu sendiri, faktor lem kerap diabaikan. Berikut ini beberapa kriteria penting dalam memilih lem untuk decking.

Harus Lem untuk Outdoor

Berdasarkan saran penggunaannya, lem bisa dibagi menjadi dua, yakni lem indoor dan lem outdoor. Dalam pemasangan decking, Anda tidak boleh menggunakan lem indoor. Sebab, lem indoor didesain hanya untuk menghadapi kondisi dalam ruangan. Lem terkait tidak diformulasikan agar tahan terhadap perubahan cuaca hingga guyuran hujan. Sebaik apapun lem indoor yang Anda temukan, kualitasnya tak akan baik saat dipakai sebagai produk outdoor.

Jenis Lem untuk Laminasi

Jangan pernah menyamakan semua jenis perekatan dengan satu produk perekat yang sama. Sebab aspek-aspeknya jelas tidak akan cocok. Misalnya untuk perekatan laminasi (pelapisan) dibutuhkan lem dengan kekentalan yang medium hingga encer. Tujuannya agar lem meresap ke dalam kayu dan tidak membentuk lapisan lem tebal. Daya sebarnya pun harus luas supaya biaya bisa lebih diirit.
Perekatan decking sendiri adalah perekatan bertipe pelapisan. Karena itu, carilah lem yang memang dibuat untuk kebutuhan tersebut.

Daya Rekat Baik

Semua perekatan bertujuan untuk merekatkan satu bagian dengan bagian yang lainnya. Jadi, tentu saja aspek daya rekat harus diperhatikan.

Sebaiknya Pilih yang Aman

Banyak lem yang dijual di pasaran mengandung bahan-bahan berbahaya. Sehingga Anda perlu waspada dalam membelinya. Perhatikan komponen pembuatan produk dan track record perusahaan pembuatnya. Hindari lem yang mengandung logam berat, VOC, dan berasal dari perusahaan yang komitmennya kurang terhadap konsep green product (produk ramah lingkungan).

Demikian beberapa kriteria penting dalam memilih lem untuk decking. Berdasarkan kriteria tersebut, lem yang kami sarankan ialah Crossbond™ X4. Adhesive tersebut didesain khusus untuk perekatan laminasi outdoor dan indoor. Crossbond™ X4 menggunakan bahan dasar resin alifatik yang sangat aman dan sudah memenuhi standar Environmental Protection Agency dan European Chemical Agency.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here