furniture bent lamination

Menjadi salah satu kayu yang banyak digunakan manusia, bahan-bahan pendukung pinus pun harus diperhatikan kualitasnya. Tak terkecuali lem untuk kayu pinus.

Beragam Manfaat Kayu Pinus

Pinus pada dasarnya adalah tumbuhan subtropiss. Hampir tidak ada pinus yang ditemukan di wilayah tropis dengan beberapa pengecualian. Salah satunya ialah Pinus merkusii yang sangat terkenal di Indonesia. Beragam manfaat kayu ini pun sudah tergali lama dan dinikmati masyarakat negara kita.

Meski tak seawet jati, namun kayu ini juga menawarkan banyak keunggulan. Karena itulah, penggunaan kayu ini tersebar di berbagai bidang. Terhitung pinus kerap digunakan pada pembuatan plywood (kayu lapis / tripleks), lantai parket, wood paneling untuk dinding, hingga berbagai macam furniture.

CS BahanPerekat

Untuk mendukung beragamnya fungsi pinus di atas, jelas diperlukan berbagai bahan pendukung. Salah satunya adalah lem. Produk lem yang cocok untuk pinus adalah Crossbond™.

Crossbond™ merupakan lem ramah lingkungan yang unggul karena sifatnya yang food grade, berdaya rekat kuat, dan tahan air. Lem ini tersedia dalam dua varian yang bisa Anda manfaatkan untuk manfaat pinus yang berbeda.

Dua Crossbond™ untuk Dua Tipe Perekatan

Perekatan bisa digolongkan menjadi dua kelompok besar. Yang pertama kelompok konstruksi dan yang kedua kelompok laminasi. Masing-masing kategori tentu memerlukan syarat tersendiri yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Lem untuk Kayu Pinus Tipe Konstruksi

Perekatan konstruksi adalah perekatan antar komponen suatu benda. Misalnya antar komponen kaki meja dengan badan mejanya. Pada tipe perekatan seperti ini, Anda bisa menggunakan Crossbond™ X 3.

Crossbond™ X 3 adalah lem pva atau putih yang sangat aman digunakan. Lem ini juga tidak meninggalkan glue line dan tidak berbau menyengat. Dari segi keamanan, Crossbond™ bahkan sudah mengantongi sertifikat European Chemical Agency dan EPA.

Lem untuk Kayu Pinus Tipe Laminasi

Bila perekatan konstruksi disebut perekatan komponen, maka otomatis perekatan laminasi bisa disebut perekatan non komponen. Anda bisa memanfaatkan jenis perekatan ini pada pembuatan panel kayu, dinding, lantai parket, lantai decking, bagian tertentu pada mebel, dst.

Lem yang bisa Anda gunakan pada perekatan laminasi adalah Crossbond™ X 4. Sebagaimana telah disebutkan di atas, Crossbond™ X 4 merupakan lem resin alifatik yang memiliki daya rekat kuat, ketahanan pada air yang bagus, hingga keamanannya yang terjamin.

Kenalilah tipe perekatan yang Anda butuhkan dulu, baru kemudian memilih lem untuk kayu pinus yang tepat.
Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here