mainan kayu alat makan

Ada dua jenis lem kayu untuk gitar yang didasarkan pada proses pembuatannya. Namun, tidak banyak yang memiliki produk lengkap untuk kebutuhan alat musik ini.

Hampir semua orang menyukai suara gitar baik dengan lantunan lagu maupun tidak. Alat musik ini sudah seperti jantung bagi setiap musisi yang menggeluti bidang ini. Mulai dari penyanyi solo sampai anak band. Selain itu, banyak anak mudah jaman sekarang yang mahir menggunakan gitar tanpa harus belajar dari sebuah lembaga kursus music. Mereka belajar secara otodidak untuk memuaskan hobi dan bakatnya.

Gitar memiliki beberapa jenis yaitu gitar akustik, gitar listrik, dan gitar klasik. Perbedaan dari ketiga tipe tersebut dapat dilihat dari bentuk body dan tali stringnya. Namun, gitar-gitar tersebut tetap membutuhkan kayu sebagai bahan utamanya. Kemudian, pembuatannya harus didukung dengan jenis bahan perekat yang tepat. Gitar dibuat dengan perekatan konstruksi dan laminasi. Oleh karena itu, lem kayu untuk gitar harus memenuhi dua kebutuhan perekatan tersebut.

Jenis-Jenis Kayu pada Pembuatan Gitar

CS BahanPerekat

Gitar yang baik akan menghasilkan suara yang nyaring. Sehingga, setiap orang yang mendengarnya akan merasa nyaman. Petikan gitar yang pas akan membuat lagu mudah untuk dihayati. Kualitas suara gitar yang dihasilkan tidak hanya dipengaruhi oleh kemahiran seseorang. Hal ini dapat berasal dari proses pembuatan dan bahan baku gitar. Sebelum memilih lem kayu untuk gitar, ada baiknya jika Kita mengetahui jenis-jenis kayu yang dibutuhkan.

Ada beberapa jenis kayu yang dibutuhkan untuk membuat gitar. Bagian kepala (head) sampai leher (neck) biasanya menggunakan kayu mahoni. Selain itu, dapat menggunakan kayu rosewood atau maple yang dikenal lebih baik kualitasnya. Jenis kayu ini duga digunakan pada bagian bridge pin (ujung tali senar pada body). Kemudian, body membutuhkan tripek untuk bagian samping. Untuk bagian bawah, pembuatan gitar menggunakan plywood.

Lem Kayu untuk Gitar yang kuat dan Tepat

Proses pembuatan gitar memang sedikit lebih rumit dan teliti. Bahan baku dan lem yang digunakan pun harus tepat. Semua ini bertujuan untuk menghasilkan suara gitar yang nyaring dan merdu. Banyaknya jenis kayu yang digunakan ternyata tidak mempengaruhi jenis lem yang diperlukan. Alat music ini tetap hanya membutuhkan lem kayu laminasi dan konstruksi.

Lem kayu untuk membuat gitar yang pertama ialah Crossbond X 3. Bahan perekat ini terbuat dari polyvinyl acetate yang aman bagi kesehatan dan lingkungan. Kegunaannya ialah untuk merekatkan leher ke body dengan system konstruksi. Selanjutnya, Crossbond X 4 dari bahan yang sama digunakan untuk proses laminasi pada bagian body. Produk lem tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis kayu, triplek, plywood, bambu, rotan, dll. Selain ramah lingkungan, bahan perekat ini sangat kuat, tahan air, tidak berbau, tidak beracun, dll.

Selain lem kayu unuk gitar, bahan pendukung lainnya ialah produk cat dan coating. Gitar dapat dipoles dengan BioColours Biovarnish untuk estetika alami. Namun, beberapa pembuat gitar mempercantik alat music ini dengan berbagai warna menarik. Untuk tampilan yang modern, proses pembuatan gitar dapat menggunakan Orchid Enamel Paint. Produk ini memiliki berbagai warna menarik seperti merah, hijau, biru, dll.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here