panel dinding bambu

Ingin tahu cara agar lantai decking awet? Salah satu kuncinya ialah dengan menggunakan lem kayu untuk decking yang berkualitas.

Bayangkan cantiknya taman kita dengan hadirnya kolam renang atau sekedar pancuran air di salah satu areanya. Dengan tambahan pepohonan dan bunga-bunga hias, pasti taman terlihat sangat menawan. Apalagi bila kita menerapkan lantai decking (kayu) di dekat kolam renang. Suasanan natural pasti dapat Anda nikmati di sela hari yang sibuk.

Namun, untuk bisa mewujudkan impian tersebut memang harus ada usaha ekstra yang dilakukan. Dari segi teknisnya,  kesulitan terbesar pasti terletak pada penggunaan lantai decking kayu. Ada beberapa alasan, misalnya sifat kayu yang secara umum lebih mudah lapuk dibanding bahan lain. Untuk mengatasinya, kita wajib memilih material kayu yang kualitasnya bagus, sudah diobati dengan pestisida, dan telah dicat dengan finishing untuk keperluan heavy duty. Perawatan pun harus dilakukan berkala supaya lantai kayu tidak rusak.

CS BahanPerekat

Selain dari aspek kayunya sendiri, bahan-bahan pendukung pembuatan decking itu juga wajib jadi perhatian. Salah satu konsen yang harus diketahui baik oleh jasa instalasi decking maupun konsumennya adalah kualitas lem. Informasi mengenai lem harus diketahui para pemasang agar sejak dini memilih lem yang bagus dan tahan lama. Sedangkan bagi konsumen, pengetahuan akan lem yang bagus ini dapat digunakan saat terjadi kerusakan yang tak begitu parah. Sehingga mereka bisa memperbaiki sendiri tanpa repot-repot memanggil jasa tukang bangunan.

Lem Kayu untuk Decking yang Bagus

Berikut ini kriteria ideal untuk lem yang akan diaplikasikan pada decking:

Lem Laminasi

Perekatan untuk pemasangan lantai bertipe non komponen atau lamination. Pada jenis perekatan ini, Anda memerlukan lem yang memang didesain untuk kebutuhan itu. Jadi, jangan sembarangan menggunakan produk yang tujuan penggunaannya berbeda.

Bisa untuk Outdoor

Karena diletakkan di luar ruangan, maka lem wajib memiliki sifat tahan terhadap kerusakan di luar. Misalnya, lem harus tahan terhadap guyuran hujan, panas matahari, hingga tumpahan minyak. Jangan sekali-kali menggunakan lem untuk indoor untuk pemasangan decking.

Mudah Diaplikasikan Pemilik

Kriteria berikutnya, pilih lem kayu untuk decking yang mudah digunakan. Selain pemasangan lantai jadi lebih lancar, kualitas ini juga dapat membantu pemilik lantai. Mereka tak perlu kesulitan memperbaiki kerusakan lantai yang sepele dengan dukungan lem yang aplikasinya mudah seperti ini.

Aman

Pastikan lem Anda aman dengan mengecek kandungannya. Hindari lem yang menggunakan pelarut minyak, mengandung logam berat, dan bahan berbahaya yang lain.

Dengan keempat kriteria ini, taman Anda bukan hanya menawan dengan lantai decking dekat kolamnya. Anda pun tak perlu khawatir keindahan tersebut mudah rusak gara-gara lem yang digunakan tak berkualitas.

Yuk, percantik kolam dan gunakan lem untuk decking kayu yang bagus!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here