meja setrika

Sebuah furniture dibuat dengan memperhatikan faktor-faktor yang bisa merusaknya di kemudian hari. Prinsip ini perlu dipahami apalagi untuk pembuatan furniture yang akan menghadapi faktor perusak dengan intensitas tinggi. Misalnya saja saat Anda hendak membuat meja setrika. Tak main-main, Anda harus memperhatikan faktor eksposi panas untuk mebel itu.

Eksposi panas setidaknya bisa merusak dua hal pada meja yang Anda buat:

CS BahanPerekat

1. Finishingnya, terutama bila meja tersebut dicat. Beberapa cat memang kurang tahan panas. Sehingga bila Anda hendak mengecat meja untuk setrika, ada baiknya Anda memilih produk cat khusus yang tak mudah rusak terkena panas atau perubahan suhu.
2. Lemnya. Lem merupakan bahan yang digunakan untuk menyambungkan komponen pada meja. Bila ikatan lem mudah rusak tatkala terpapar panas, sambungan antar komponen meja pun akan ikut longgar sehingga pada akhirnya juga mengalami kerusakan.

Dari kedua poin tersebut, yang paling penting adalah poin nomor dua, yakni pengaruh panas pada ikatan adhesive yang dipakai. Pasalnya, adhesive memiliki fungsi yang begitu vital bila kita bandingkan dengan cat. Cat yang rusak, boleh jadi diabaikan karena hanya berpengaruh pada estetika produk. Tapi bagaimana bila ikatan lemnya rusak? Meja setrika bahkan mungkin tak akan bisa digunakan lagi sehingga sama sekali tak bisa diabaikan.

Pilih Lem yang Tahan Panas

Mencermati persoalan tersebut, maka tak ada jalan lain kecuali memilih adhesive yang punya heat resistance tatkala Anda hendak membuat meja setrika. Apalagi untuk lem yang dipakai merekatkan alas bantalan setrika dengan bagian rangka meja. Bagian tersebut sudah pasti terkena panas secara terus menerus dengan suhu yang cukup tinggi. Sehingga pemilihan lemnya tak bisa main-main.

Sayangnya, memilih lem dengan kualifikasi heat resistance yang bagus memang tidak mudah. Kebanyakan lem yang dijual di pasaran tak memiliki ketahanan pada panas yang bagus dan beberapa di antaranya malah meleleh pada titik suhu tertentu. Hal ini jelas akan menyebabkan meja setrika mudah mengalami kerusakan. Untuk itulah, kami secara khusus merekomendasikan lem yang tepat untuk digunakan.

meja untuk menyetrika

Crossbond dan Eva Phaethon sebagai Lem untuk Membuat Meja Setrika!

Agar bisa dihasilkan meja untuk menyetrika yang kualitasnya baik, adhesive yang kami sarankan adalah Crossbond dan Eva Phaethon. Crossbond merupakan PVAc water based glue yang penting digunakan untuk merekatkan sambungan antar kayu, sedangkan Eva Phaethon adalah EVA based glue untuk merekatkan alas rangka dengan alas dari kain bantalan menyetrika. Keduanya sama-sama punya peran tersendiri namun memiliki dengan fungsi berlainan. Crossbond secara spesifik memiliki peran untuk merekatkan bahan kayu dengan kayu, sedangkan Eva Phaethon didesain untuk merekatkan bahan beda karakter (kayu dan bantalan setrika).

Sebagai lem yang kami sarankan, baik Crossbond maupun Eva Phaethon memiliki karakter tahan panas yang baik. Keduanya mampu menciptakan ikatan atau bonding kuat yang tak mudah rusak meski lingkungan di sekitarnya mengalami kenaikan suhu. Lem ini juga memiliki beberapa kelebihan lainnya yang membuatnya lebih unggul, antara lain adalah:

1. Memiliki daya rekat yang baik dengan inner cross linker
2. Tak mudah rusak terkena air dan solvent atau water and solvent resistance
3. Tak menyebabkan glue line
4. Cover area luas sehingga pemakaiannya lebih hemat
5. Mudah digunakan
6. Solid content tinggi
7. Harga terjangkau sehingga akan membantu Anda menghemat biaya produksi

Dengan lem ini, meja setrika yang Anda buat pasti akan lebih awet dan disukai pembeli.
Semoga bermanfaat!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here