Jual Lem Kayu Terbaik Crossbond

Kegiatan jilid buku dilakukan oleh suatu penerbitan dan atau percetakan. Proses ini ternyata membutuhkan keahlian khusus serta sebuah ketelatenan. Faktor atau bahan yang harus diperhatikan dalam menjilid buku ialah bahan perekat. Menggunakan jenis lem yang salah akan membuat Cover atau sampul tidak akan melekat. Bahkan lem yang sudah kering bisa merusak tampilan buku.

Lem kertas untuk jilid buku harus kuat dan tahan air. Bahan perekat ini biasanya tidak berbentuk cair karena daya kuatnya sangat rendah. Selain tidak boleh menggunakan lem cair, proses penjilidan tidak bisa menggunakan lem tembak atau karet. Karakter dari jenis perekat ini sangat kaku sehingga lem yang sudah kering dapat merusak permukaan kertas. Selain itu, buku menjadi tidak nyaman untuk dibuka berkali-kali.

Pentingnya Menambahkan Kriteria Lain dalam Lem Kertas untuk Jilid Buku

Memilih lem kertas untuk jilid buku yang kuat dan tahan air memang sudah cukup baik. Namun, akan lebih baik lagi jika jenis bahan perekat tersebut sudah ramah lingkungan. Apalagi, buku tidak hanya dibaca oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Kriteria tambahan dalam bahan perekat ini dapat dilihat dari jenis produknya.

CS BahanPerekat

Secara umum, jenis lem aman dibuat dari PVAc (polyvinyl acetate) atau EVA (ethylene vinyl acetate). Produk-produk tersebut bebas kandungan timbal, merkuri, dan formalin yang sangat berbahaya. Bahan kimia tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit kepada manusia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain mengancam kesehatan, bahan-bahan tersebut berdampak buruk terhadap lingkungan.

Rekomendasi Lem Eva Phaethon Pengganti Lem Kuning

Bahan kimia berbahaya biasanya terdapat pada jenis lem kuning. Lem ini secara umum memiliki bau menyengat karena kandungan bahan kimia tersebut. Jenis bahan perekat ini jelas terbatas penggunaannya dan tidak cocok untuk proses jilid buku. Sebagai ganti dari produk ini ialah lem Eva Phaethon. Bahan perekat ini terbuat dari ethylene vinyl acetate dan memiliki fungsi yang serba guna.

Lem kertas untuk jilid buku ini dapat digunakan untuk media plastic, kertas, mika, kayu, dll. Daya rekat yang kuat, cepat kering,  dan tahan air sangat cocok untuk proses membuat buku. Selain itu, produk ini lebih ramah lingkungan dan aman bagi semua kalangan. Oleh karena itu, penggunaan bahan perekat pengganti lem kuning ini cocok untuk direkomendasikan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here