Kebutuhan akan lem untuk laminasi bambu yang baik tak terhindarkan dalam proses pembuatan panel bambu berkualitas. Adhesive dalam kebutuhan tersebut mensyaratkan beberapa poin spesifik yang harus dipenuhi.

Mengenal Bamboo Panelling

Istilah paneling bambu mungkin belum begitu dikenal di Indonesia. Namun demikian, sebenarnya produk ini sudah ditemukan banyak di berbagai bangunan rekreasi, misalnya resort dan villa. Bamboo panelling dibuat dengan menyatukan bilah atau gelondongan bambu menjadi satu produk dengan permukaan lebih luas. Produk ini disukai karena beberapa hal. Salah satunya karena estetikanya yang khas. Meskipun sama-sama bahan organik, namun bamboo panelling memberikan kesan lebih tropis dibanding wood panelling.

Memerlukan Lem untuk Laminasi Bambu yang Baik

Agar proses pembuatan panel bambu berhasil, lem menjadi salah satu bahan yang sangat diperlukan. Aplikasi lem penting karena menjadi pemersatu komponen-komponen bambu dan berdampak pada aspek kekokohan sampai keindahan paneling yang dihasilkan. Hal ini tentu membawa kita pada satu pertanyaan baru, “lantas seperti apa lem yang dibutuhkan?”

Crossbond X4

CS BahanPerekat

Menyadari pentingnya peran lem terhadap kualitas paneling bambu, kami menyarankan penggunaan Crossbond X4 kepada pembaca. Mengapa Crossbond X4?

Kebutuhan lem untuk laminasi sangat spesifik dan memerlukan syarat-syarat khusus. Karenanya dalam perekatan tipe ini diperlukan lem yang memang didesain khusus untuk keperluan tersebut. Crossbond X4 sebagai lem berformulasi dasar resin alifatik merupakan salah satu adhesive yang dibuat untuk perekatan laminasi. Lem ini memiliki fitur spesifik sebagai lem laminasi mulai dari daya rekat sampai viskositasnya. Lem ini juga memiliki kelebihan unggulan seperti sifatnya yang food grade.

Viskositas Medium: Daya Sebar dan Daya Resap yang Pas

Crossbond didesain dengan viskositas khusus dalam rentang medium. Formulasinya juga dibuat sedemikian rupa sehingga daya sebar dan raya resapnya pas sesuai kebutuhan laminasi. Lem ini akan menyebar dengan baik dan akan meresap ke dalam substrat bambu sehingga tidak menyebabkan nilai film lem tebal.

Daya Rekat dengan Inner Cross Linker Modifier

Crossbond memiliki daya rekat yang sangat baik. Hal ini disebabkan karena adanya inner cross linker modifier yang membuat ikatan antar monomer dan dengan bambunya lebih kuat.

Bisa untuk Outdoor

Panelling bambu sering digunakan untuk indoor maupun outdoor. Sehingga lem untuk laminasi bambu yang digunakan sebaiknya memiliki ketahanan baik untuk indoor maupun outdoor. Crossbond X4 sendiri memiliki ketahanan yang baik terhadap kondisi outdoor. Lem ini tahan air, tahan panas, tahan solvent, dan tahan cuaca.

Food Grade

Salah satu keunggulan Crossbond X4 di luar spesifikasinya sebagai lem untuk laminasi bambu adalah sifatnya yang sangat aman digunakan. Lem ini bahkan didesain sebagai lem food grade (aman bersentuhan dengan alat makan) sehingga sama sekali tidak

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here