papan fjlb

Beragam tipe sambungan bambu (bamboo joint) telah dikenal manusia. Namun tahukah Anda di antara berbagai sambungan tersebut sebenarnya diperlukan lem yang kuat untuk bambu?

Cara yang dilakukan manusia dalam menggunakan bambu sangat bervariasi. Lihat saja berbagai bangunan atau produk furniture yang memanfaatkan bahan ini. Kerap, kita akan mendapati bambu-bambu tersebut ditali sedemikian rupa. Sedangkan di lain kesempatan, penyambungan yang dilakukan diterapkan tanpa tali sama sekali. Hal ini tentu membuat kita bertanya-tanya, “bagaimana sebenarnya proses penyambungan bambu dilakukan?”

Hampir sama seperti kayu, teknik penyambungan bambu memiliki banyak ragam. Namun secara umum, penggunaan lem sebagai pendukung sangat disarankan dalam proses sambungan tersebut. Pasalnya lem memiliki peran sangat baik untuk membantu mewujudkan bambu yang kokoh dan nyaman digunakan. Lem membuat komponen bambu yang disambungkan lebih menyatu dan menstabilkan posisinya.

Sambungan yang Harus Didukung Lem yang Kuat untuk Bambu

CS BahanPerekat

Sebenarnya, tingkat keperluan penggunaan lem pada sambungan bambu berbeda-beda. Beberapa ada yang hanya dianjurkan, namun yang lain sangat disarankan. Dua di antara berbagai sambungan bambu yang disarankan menggunakan lem adalah plug ini bamboo connector dan interlocking connection.

Plug in bamboo connector merupakan sambungan yang dibuat dengan memanfaatkan setidaknya 3 bahan. Satu bambu atau kayu dimasukkan pada bambu yang telah dibuang sekatnya. Kemudian, bambu atau kayu tersebut ditarik menembus lubang bambu lain yang dibuat di permukaannya. Sumbatan diaplikasikan agar posisi ketiga bahan tersebut menjadi tetap. Sedangkan interlocking connection adalah sambungan yang dibuat dengan memanfaatkan banyak cabang bambu. Kesemuanya dimuarakan pada satu bahan yang sudah didesain khusus. Bahan tersebut bisa dibuat dari metal, kayu, hingga bambu itu sendiri.

Di luar dua sambunga ini, sebenarnya masih banyak tipe sambungan bambu lain yang memerlukan adhesive dalam aplikasinya. Namun ingatlah, bahwa adhesive yang dibutuhkan bukan adhesive sembarangan. Untuk berbagai tipe sambungan bambu, sangat kami sarankan pengaplikasian Crossbond X3. Selain sangat berkualitas, secara khusus lem ini didesain menjadi lem yang kuat untuk bambu. Sehingga penggunaannya akan benar-benar membuat produk dengan bahan tersebut menjadi lebih kokoh.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here