pengaruh lem kayu untuk gitar

Penasaran bagaimana cara menghasilkan papan bambu dengan kualitas yang baik? Ini dia caranya dan lem yang kuat untuk bambu yang wajib digunakan.


Mungkin di antara Anda ada yang pernah melihat furniture dengan bahan serupa kayu namun sebetulnya adalah bambu. Bila Anda pernah menjumpainya, itulah material yang disebut dengan papan bambu laminasi. Sebagaimana namanya, papan bambu laminasi adalah papan yang dibuat dengan cara laminasi potongan bambu yang lebih kecil. Produk seperti ini membantu kita memanfaatkan bambu dengan lebih leluasa karena bentuk bahan tersebut tak lagi silindris berlubang.

Tertarik untuk membuatnya? Pada kesempatan ini, kami akan memberikan panduan pembuatan papan bambu laminasi atau kadang juga disebut glue laminated bamboo (glubam). Crossbond X4 sebagai lem untuk kebutuhan laminasi jelas masih sangat kami rekomendasikan.

Cara Membuat Papan Bamboo Glubam dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

Pemilihan bambu

CS BahanPerekat

Panen atau beli dulu bambu sebagai bahan dasarnya. Pilih yang usianya sudah tua atau 4 tahun ke atas dan memiliki kekuatan maupun kerapatan substrat yang baik. Perhatikan juga diameternya. Pilih yang jangan terlalu kecil.

Memotong Bambu

Dengan alat khusus, potong bambu menurut bidang horizontalnya. Kemudian, hilangkan bagian luar bambu yang keras dan berwarna hijau.

Mengawetkan Bambu

Supaya ke depannya bambu tak diserang hama, aplikasikan BioCide obat pengawet bambu. Pilih BioCide Insecticide untuk anti serangga dan BioCide Wood Fungicide untuk antijamur.

Mengeringkan Bambu

Keringkan bambu dengan kiln dry hingga kelembaban substrat (MC) ideal di kisaran 5-8%.

Seleksi

Proses pengeringan kadang membuat bambu rusak. Jadi seleksilah bambu yang kondisinya masih baik.

Mengelem Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

Aplikasikan perekat pada bambu, gunakan lem yang kuat untuk bambu Crossbond. Gunakan alat pelaminasi bambu dan sesuaikan panas maupun tekanannya. Selain itu, putuskan juga apakah papan akan dibuat secara plain pressed ataupun side pressed.

Selesai!

Nah, mudah bukan cara membuat papan bambu di atas? Namun tentu saja ketelatenan dan ketelitian harus kita miliki.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here