Bamboo craft yang eco friendly tak akan bisa terwujud tanpa lem untuk bambu yang aman. Lem harus memenuhi syarat-syarat khusus seperti tidak adanya logam berat hingga pelarut organik solvent yang digunakan.

Kerajinan atau craft berbahan bambu merupakan salah satu produk yang populer di masyarakat. Berbagai bentuk kerajinan bahan alam ini begitu memesona dengan keindahan khasnya. Kita bisa menikmatinya dalam bentuk vas bunga, hiasan gantung, hiasan dinding, hingga berbagai komponen dekorasi lainnya. Bamboo craft akan membawa kesan natural sekaligus tradisional di dalam ruangan. Produk seperti ini akan sangat cocok Anda gunakan untuk rumah dengan tipe-tipe tradisional, oriental, dan berbagai desain serupa lainnya. Kesan yang dibawa bambu pun biasanya lebih ringan dari kayu sehingga ruangan jadi terasa lebih rileks.

Dalam proses pengolahan beragam jenis bamboo craft, umumnya diperlukan adhesive sebagai perekat antar komponen. Adhesive dibutuhkan untuk mengelem bambu yang satu dengan bambu yang lain, hingga bahan tambahan pada material bambu. Lem dengan demikian menjadi salah satu produk utama proses pengolahan kerajinan bambu.

CS BahanPerekat

Yang menarik, dampak lem pada bambu bukan sekedar terkait dengan kekokohan maupun keawetannya. Bersama cat dan zat-zat kimia yang kerap digunakan pada kerajinan tangan bambu, lem juga mempengaruhi keamanan produk tersebut.

Eco Friendly?

Terkait dengan faktor keamanan, salah satu label yang banyak dikejar perusahaan adalah label “eco friendly” atau ramah lingkungan. Kerajinan bambu pun tak lepas dari kompetisi akan hal ini apalagi bila mereka hendak memasarkan produknya ke pasar internasional.

Label eco friendly pada kerajinan bambu dipengaruhi oleh bahan-bahan sintetis yang digunakan. Lem merupakan salah satunya sebagaimana disebut di atas. Adanya kandungan beracun pada lem bisa menyebabkan sebuah produk gagal disebut eco friendly. Oleh sebab itulah, aplikasi lem untuk bambu yang eco friendly sangat disarankan.

Kriteria lem eco friendly sendiri tak banyak. Pada intinya, lem harus 100% non toxic. Dengan demikian bahan tersebut dipastikan benar-benar tak akan meracuni lingkungan di sekitarnya.

Lem untuk Bambu Crossbond: Sudahkan Eco Friendly?

Crossbond merupakan adhesive yang kami rekomendasikan untuk pengeleman berbagai jenis produk kerajinan bambu. Sebagai lem rekomendasi, adhesive ini memang memiliki daya rekat kuat dan ketahanan yang baik. Namun tentu saja bukan hanya itu keunggulan Crossbond.

Nilai plus Crossbond salah satunya terletak pada keamanannya yang berstandar food grade. Sehingga label eco friendly bahkan sudah terlampaui lem yang harganya terjangkau ini.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here