produk kayu furniture craft

Telah dikembangkan berbagai metode untuk mengubah bambu-bambu gelondongan menjadi papan bambu atau bamboo board. Namun tetap saja kesemua metode tersebut membutuhkan pengeleman dengan lem untuk laminasi bambu Crossbond.

Setiap tahun, berbagai kreasi produk memanfaatkan bahan bambu bisa kita dapati. Kita bisa menemukan produk-produk seperti music box dari bambu, aneka kerajinan dengan desain menarik, hingga furniture terkini. Dari berbagai produk tersebut, tak jarang bambu yang dipakai sudah dalam bentuk papan atau board. Hal ini tentu menarik sebab sebagaimana yang kita tahu, bambu memiliki bentuk alami silinder.

Pembuatan bambu menjadi papan tentu tak lepas dari proses pengolahan tertentu. Dan pada kenyataannya memang demikian adanya. Sampai sekarang, pembuatan bahan bambu bahkan sudah berkembang menjadi berbagai varian metode. Meski demikian, prinsip dasar metodenya masih sama. Selain itu, tetap diperlukan adhesive berkualitas dalam proses pembuatan ini. Rekomendasi kami kepada pembaca masih sama, yakni Crossbond X4 sebagai lem untuk kebutuhan laminasi terbaik di antara berbagai brand di pasaran.

Prinsip Dasar Pengolahan Papan Bambu dengan Lem untuk Laminasi Bambu Crossbond

Langkah Pertama

CS BahanPerekat

Pertama, sediakan semua alat dan bahan yang diperlukan. Untuk bambunya, usahakan memilih bambu yang tidak kecil dan berusia cukup tua. Gunakan juga alat-alat dalam kondisi yang bagus.

Langkah Kedua

Berikutnya, potong bambu memanjang dan usahakan ukurannya sama. Anda bisa menggunakan mesin khusus yang memang didesain untuk melakukan pekerjaan ini agar ukurannya lebih presisi.

Langkah Ketiga

Aplikasikan pengawet (insektisida dan fungisida) pada bambu yang sudah dipotong. Guna pengawet ialah agar ke depannya bambu tidak diserang serangga maupun jamur hama. Produk yang kami sarankan adalah BioCide Wood Fungicide untuk mencegah jamur dan BioCide Insecticide untuk mencegah serangga.

Langkah Keempat

Pilih bambu yang seragam, selanjutnya satukan bambu-bambu tersebut. Aplikasikan proses laminasi menggunakan lem untuk laminasi bambu Crossbond X4 dengan metode pemanasan atau penyinaran memanfaatkan UV light.

Demikian cara membuat papan bambu menggunakan Crossbond. Sebenarnya, proses pembuatan di atas sangat mudah dimengerti prinsip dasarnya. Hanya, memang untuk menghasilkan bamboo board yang bagus dibutuhkan mesin-mesin khusus. Selain itu, tentu saja juga diperlukan pemakaian lem untuk laminasi bambu Crossbond yang baik.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here