dinding kayu lapis

Kebanyakan dari Anda pasti sudah sangat familiar dengan kayu lapis. Namun tahukah Anda bahwa untuk memaksimalkan material ini dibutuhkan perekat yang berkualitas? Dibutuhkan lem untuk laminasi kayu yang bagus untuk pembuatan plywood maupun untuk penggunaannya.

Apa itu Kayu Lapis?

Hadir dengan tampilan berupa lembaran kayu luas yang tipis, kayu lapis pada dasarnya adalah komposit yang terbuat dari beberapa lembar veneer. Lembaran veneer tersebut diposisikan secara bersilangan dan tegak lurus dan karenanya membuat plywood sering disebut sebagai panel struktural.

CS BahanPerekat

Di pasaran, nama kayu lapis sering disamakan dengan tripleks. Padahal, tak semua plywood adalah tripleks. Tripleks mengacu pada kayu lapis yang terbuat dari 3 lapisan. Sedangkan untuk kayu lapis yang memiliki lebih dari lima lapis disebut sebagai multipleks.

Berdasarkan varian kualitasnya sendiri, berikut ini beberapa tipe grade plywood.

1. Backing, yakni plywood yang kualitasnya paling rendah. Biasanya digunakan sebagai komponen bagian belakang atau dalam produk (tak langsung terlihat).
2. Sound and Utilities, memiliki kualitas yang kurang baik namun masih lebih bagus dibanding backing. Grade ini banyak dipakai untuk keperluan struktural.
3. Good grade yang kualitasnya bagus.
4. Custome yang kualitasnya bagus dan tersedia dalam warna serta motif sesuai keinginan pembeli.

Sampai hari ini, dengan beragam varian kualitasnya tersebut, kayu lapis sering digunakan masyarakat awam maupun pada usaha-usaha seperti pembuatan mebel. Penggunaan kayu lapis sendiri dinilai menguntungkan karena:

1. Lebih stabil
2. Tak mudah patah maupun retak
3. Tersedia dalam ukuran papan luas yang bisa memenuhi kebutuhan khusus
4. Ringan
5. Jauh lebih murah dibanding kayu solid
6. Pemakaiannya mudah diterapkan
7. Dapat digunakan untuk kebutuhan lengkung

Apa Fungsi Kayu Lapis?

Apa fungsi dari plywood? Jawabannya sangat banyak. Material ini sangat sering digunakan pada:

1. Berbagai produk furniture seperti kursi, kabinet, meja, almari, buffet, hingga meja belajar.
2. Bagian bangunan tertentu.
3. Pembuatan pintu hingga jendela
4. Pembuatan partisi
5. Dinding dan atap pada kereta api dan alat transportasi lainnya

furniture unik plywood

Tentu saja selain kelima fungsi di atas, masih banyak guna lainnya yang ditawarkan kayu lapis. Yang terpenting sebenarnya adalah memastikan bahwa pemanfaatan bahan ini optimal dilakukan. Caranya? Salah satunya adalah memilih lem yang bagus untuk kayu lapis.

Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus Jadi Kunci Sukses Pemanfaatan Plywood

Seperti dijelaskan di atas, lem memiliki peran penting dalam penggunaan kayu lapis. Bagaimana tidak? Lemlah yang berperan menyatukan kayu lapis dengan komponen lainnya. Contohnya saja penggunaan kayu lapis sebagai material dinding bangunan. Jelas dibutuhkan adhesive yang kuat bukan?

Bukan itu saja, lem juga sangat berperan pada saat kayu lapis baru dibuat. Lembaran-lembaran veneer tentu perlu direkatkan satu sama lain menggunakan lem yang bagus. Oleh sebab itulah, lem kerap disebut sebagai salah satu kunci keberhasilan pembuatan maupun pemanfaatan multipleks dan tripleks.

Karena bertipe lamianasi, maka lem yang dibutuhkan pun adalah juga lem laminasi. Lem laminasi sendiri adalah lem yang biasa digunakan untuk kebutuhan perekatan pada bidang luas seperti plywood ini. Seperti apakah lem untuk laminasi kayu yang bagus yang bisa digunakan?

Tentu ada banyak kriteria yang harus diperhatikan. Berikut ini kami sajikan poin-poin penting yang harus Anda simak tatkala mencari lem laminasi untuk plywood:

1. Daya rekat lem
2. Ketahanan lem
3. Cover area lem. Karena lem diaplikasikan pada bidang luas, pilih adhesive yang cover areanya luas.
4. Daya sebar lem atau kemampuan lem menyebar dengan rata.
5. Keamanan adhesive
6. Harganya
7. Cara pemakaian dan kecepatan keringnya

Dengan memperhatikan kriteria lem untuk laminasi kayu yang bagus di atas, Anda pasti bisa mewujudkan produk plywood terbaik untuk berbagai kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here