panel bambu

Bagaimana bisa furniture anak menjadi sumber penyakit? Jawabannya sangat bisa karena penggunaan bahan kimia seperti lem yang membahayakan.

Dari namanya, kita tahu bahwa furniture anak merupakan furniture yang dibuat untuk kebutuhan anak. Ragam mebel ini bisa terwujud dalam berbagai produk. Sebut saja tempat belajar untuk anak, lemari anak, hingga boks tempat tidurnya. Beberapa di antaranya seperti boks sangat unik dan hanya khusus dibuat bagi si kecil. Yang pasti selain dibuat untuk anak, umumnya mebel juga memiliki karakter khas seperti tampilannya yang lebih ceria dan bentuknya yang lebih sederhana.

Mengapa Bisa Berbahaya?

Waspadalah, mebel anak bisa jadi merupakan salah satu sumber bahaya bagi si kecil. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, misalnya bentuk furniture yang tajam, kekokohannya yang kurang, dan penggunaan bahan-bahan kimia furniture.

CS BahanPerekat

Lem merupakan contohnya. Lem bukan hanya mempengaruhi kekokohan suatu produk, namun juga bisa membahayakan bila kandungan di dalamnya beracun.

Dampak Lem Beracun pada Anak

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa produk perekat yang dijual di pasaran mengandung zat-zat yang membahayakan. Keberadaan zat-zat ini bisa berdampak buruk pada anak apabila terhirup lewat udara atau tertelan lewan kontak fisik secara langsung.
Setidaknya ada dua kelompok zat yang perlu diwaspadai. Yang pertama adalah logam berat seperti timbal yang dapat menyebabkan gangguan organ dalam. Yang kedua adalah VOC atau Volatile Organic Compounds.

Volatile Organic Compounds

VOC adalah senyawa yang mudah menguap pada kondisi ruangan. Keberadaan VOC dapat terindikasi dengan bau menyengat di udara sekitar produk terkait. Apalagi bila furniture masih sangat baru. VOC dapat menyebabkan gejala ringan seperti bersin-bersin dan iritasi hingga gangguan kesehatan serius seperti kanker. Contoh senyawa VOC adalah formalin. Selain dari lem, biasanya VOC juga berasal dari cat dengan pelarut thinner dan spiritus.

Adakah Lem yang Aman?

Mengingat banyaknya produk berbahaya di pasaran, tentu wajib bila kita memanfaatkan bahan-bahan yang aman. Dari berbagai merek yang tersedia, sebenarnya cukup banyak lem yang bisa diandalkan. Namun untuk memperoleh produk yang klaim keamanannya benar-benar terjamin memang tidak mudah.
Lem yang dapat Anda andalkan adalah Crossbond™.

Memanfaatkan bahan dasar PVAc dan resin alifatik, Crossbond™ dibuat dengan formulasi yang keamanannya sesuai standar Food Grade Amerika Serikat (FDA). Selain itu, lem ini pun memiliki daya rekat yang kuat dan harga sangat terjangkau. Kriterianya sangat pas dengan lem untuk furniture anak yang dibutuhkan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here