box joint bagus

Definisi

Yang dimaksud dengan bungalow adalah bangunan rumah yang sebenarnya sudah biasa kita kenal sehari-hari. Asal istilah ini berasal dari kata India “bangla” . Bangla merupakan tempat persinggahan yang kerap digunakan para pelancong jauh. Istilah bangla kemudian diadopsi Inggris untuk merujuk bangunan dengan tipe tertentu.

Jadi, terdapat dua aspek dari asal kata bangla ini. Pertama, untuk merujuk bangunan tempat singgah pelancung. Dari sinilah kemudian masyarakat mempersepsi bungalow sebagai tempat penginapan rekreatif. Namun berdasarkan desainnya, bangunan tersebut sebenarnya memiliki desain yang “biasa” saja. Meski, hingga sekarang sudah berkembang berbagai trend desain yang menarik. Sebut saja desain Swiss Chalet, California Style, hingga Airplane Style.

Ciri Khas Bungalow

  1. Ada beberapa ciri khusus bangunan ini yang bisa dijadikan panduan dalam membedakannya dengan bangunan tipe lain:
  2. Terdiri dari 1 hingga dua lantai saja.
  3. Atapnya melebar dengan ketinggian rendah.
  4. Tidak ada lorong. Antar ruangan langsung disambungkan dengan pintu ruang-ruang tersebut.
  5. Memiliki serambi atau beranda yang luas.
  6. Akses ke serambi tidak sulit.

Agar Lebih Menarik dan Nyaman

Berdasarkan paparan di atas, sudah bisa disimpulkan bahwa bungalow bukan sekedar bangunan yang biasa kita kenal sebagai tempat rekreasi.  Bangunan ini juga telah lama dimiliki masyarakat. Namun apapun kebutuhannya, kenyamanan seyogyanya harus diperhatikan. Apalagi bila bangunan ini hendak ditujukan untuk keperluan komersil.

CS BahanPerekat

Berikut ini sedikit tips supaya bungalow menjadi nyaman dan menarik.

Gunakan Kayu

Bangunan dengan dinding tembok itu sudah sangat biasa. Kalau kita ingin menciptakan suasa tak biasa, maka kayu adalah pilihan terbaik. Selain cantik, kayu juga mampu menghadirkan suasana relaks.

Aplikasikan Desain Tradisional

Banyak turis datang ke Indonesia untuk menikmati alam budayanya. Mereka mencari berbagai hal yang berbau tradisional. Ini pun berlaku untuk tempat-tempat seperti bungalow. Jadi, aplikasikanlah desain tradisional Indonesia yang memang terkenal cantik itu.

Pastikan Bahannya Aman

Ada dua bahan yang beresiko tinggi menyebabkan ruang dalam bungalow tidak aman. Keduanya adalah cat dan lem. Produk-produk cat dan lem di pasaran sering dibuat dengan memanfaatkan zat-zat berbahaya. Oleh karena itu, pilihlah kedua produk tersebut dari merek yang standar amannya jelas. Misalnya untuk lem, Anda bisa memanfaatkan Crossbond yang telah berstandar aman dari Environmental Protection Agancy hingga Food Grade dari FDA. Sedangkan untuk catnya, Anda bisa memilih menggunakan cat berbasis air.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here