talenan

Bagaimana cara menyambung papan kayu dengan biscuit joinery? Berikut ini akan kami terangkan langkah-langkahnya kepada Anda. Selain memerlukan biscuit joinery, Anda hanya perlu menyiapkan Crossbond untuk membuat papan kayu lebar yang diinginkan.Teknik pengolahan kayu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di pasaran. Hal inipun berlaku pada pembuatan papan kayu.

Kayu-kayu yang baru ditebang jelas tak bisa digunakan untuk pembuatan meja besar, almari, dan produk sejenis lainnya. Diperlukan kayu dengan ukuran panjang dan lebar besar yang jelas akan sangat sulit untuk didapatkan saat ini. Untungnya, dengan berbagai teknik penyambungan, masalah ini bisa diatasi. Pembuatan papan kayu sendiri sebenarnya telah berlangsung lama. Telah diterapkan aneka cara untuk menghasilkan produk tersebut. Salah satunya ialah dengan aplikasi penyambungan biscuit atau biscuit joinery. Cara ini selain mudah juga akan membuat papan tak begitu tampak disambung. Berikut ini langkah-langkah penyambungan papan kayu dengan wood joint tersebut.

Alat dan Bahan

  1. Biscuit joinery
  2. Kayu yang akan disambung
  3. Alat pemotong kayu
  4. Lem Crossbond
  5. Kuas
  6. Clamp press
  7. Table saw

Cara Menyambung Papan Kayu dengan Crossbond dan Biscuit Joinery

Langkah 1: Persiapan

Sediakan semua alat serta bahan di lokasi yang berdekatan. Bersihkan kayu dan pastikan kondisinya sudah benar-benar siap untuk disambung.

Langkah 2: Pembuatan Lubang

CS BahanPerekat

Dengan table saw, buatlah lubang di area sambungan. Pastikan ukuran lubangnya sesuai dengan ukuran biscuit joinery.

Langkah 3: Penyambungan

Oleskan Crossbond pada lubang yang sudah dibuat. Oleskan juga pada biscuit joinery. Gunakan kuas untuk melakukannya. Setelah itu, masukkan biscuit joint pada kedua lubang kayu.

Langkah 4: Clamp Press

Aplikasikan clamp press pada kayu yang baru disambung. Siapkan clamp yang sesuai kebutuhan misalnya tipe pipa. Pasang dengan kuat agar posisi sambungan stabil dan perekatan berhasil.

Selesai!

Demikian cara menyambung papan kayu dengan biscuit joinery. Mudah bukan? Tapi ingat, jangan sembarangan memilih adhesive. Banyak lem di pasaran yang selain tidak kuat juga bisa menyebabkan glue line. Kami merekomendasikan lem kayu Crossbond sebagaimana telah disebut di atas.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here