OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Seperti yang kami janjikan pada artikel sebelumnya, kali ini bahanperekat.com akan menjelaskan langkah-langkah lengkap cara membuat decoupage. Yuk, disimak!

Sekilas Mengenai Decoupage

produk-decoupage

Yang dimaksud dengan decoupage adalah salah satu teknik kerajinan yang dihasilkan dari kreasi sederhana menempel gambar pada media. Gambar bisa dicetak pada kertas atau kain. Selanjutnya, gambar dilapisi dengan coating transparan agar tidak mudah mengelupas dan terlihat menyatu.

CS BahanPerekat

Biasanya, teknik ini diaplikasikan untuk mempercantik sebuah produk. Ia bisa diaplikasikan pada hiasan dinding, botol, piring, gelas, toples, jendela, hingga pintu rumah. Sangat menarik bukan? Cara membuat decoupage pun amat mudah dilakukan seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Alat dan Bahan

  1. Media yang akan didecoupage, baik itu botol, piring, toples, bahkan pintu.
  2. Kertas atau kain gambar yang akan ditempel. Anda bisa juga menggunakan napkin decoupage yang memang secara khusus diproduksi untuk keperluan ini.
  3. Lem serbaguna Eva Phaeton.
  4. Kuas.
  5. Amplas.
  6. Cat dasar (opsional) berbasis air.
  7. Coating transparan (cat transparan atau topcoat) berbasis air.

Cara Membuat Decoupage

  1. Bersihkan media yang akan di-decoupage. Keringkan dan pastikan tak ada noda minyak yang tertinggal.
  2. Aplikasikan cat sebagai dasaran bila Anda ingin membuat decoupage non transparan. Tunggu kering, amplas, ulangi bila perlu.
  3. Tempelkan gambar dengan lem Eva Phaeton.
  4. Biarkan kering.
  5. Lapisi dengan coating transparan. Tunggu kering, amplas, dan ulangi bila perlu.
  6. Selesai!

Tips Mempercantik Decoupage

decoupage

Gunakan renda, pita, hingga manik-manik untuk membuat tampilan lebih manis dari produk ini. Selain itu, jangan lupakan masalah kemasan saat Anda ingin menjualnya. Bungkus dengan rapi dan semenarik mungkin.

Coating atau cat transparan bisa didapat dengan tingkat kilau yang berbeda-beda. Secara umum, kita mengenal tingkat kilau death matte, matte, doff, semi glossy, hingga glossy. Silahkan sesuaikan dengan tampilan yang dikehendaki.

Bila Anda ingin mendecoupage gelas atau benda yang bersentuhan dengan alat makan, pastikan untuk melakukannya di bagian luar saja. Selain itu, gunakan cat atau lapisan coating yang tidak beracun. Anda wajib memilih cat water based (berpelarut air) dibanding cat solvent based. Pastikan juga bahan finishing itu tidak mengandung zat berbahaya.

Demikian tips dan cara membuat decoupage. Selamat berkarya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here