hiasan kayu lapis 1

Lem kayu palet untuk kabinet dapur harus aman dan sehat. Hal ini mengingat akan fungsi furniture tersebut yang bersentuhan dengan makanan.

Kabinet mendominasi setiap dekorasi dapur baik di ruangan luas maupun sempit. Tidak hanya itu, fungsinya juga sangat beragam. Mulai dari tempat penyimpanan sampai bisa digunakan sebagai meja makan. Kabinet dapur memiliki beberapa bentuk yang menarik seperti bentuk “L”, “U”, lurus, atau melengkung. Keunikan dari perabot atau lebih dikenal sebagai kitchen set ini timbul  karena bahan baku pembuatannya.

Misalnya, kayu palet yang sedang trend di dunia furniture. Tampilan kabinet yang dibuat dengan bahan ini ternyata lebih menarik. Dapur terlihat lebih hidup dengan nuansa yang alami. Siapa saja bisa membuat kabinet dapur dimana kayu palet mudah ditemukan. Namun, ada yang harus dipahami dalam proses pembuatannya. Lem kayu palet untuk kabinet dapur yang digunakan harus aman dan sesuai dengan teknik pengerjaan.

Haruskah Memilih Lem Kayu Palet ini?

CS BahanPerekat

Furniture kabinet dapur dibuat dengan teknik konstruksi. Kitchen set ini bisa dikerjakan dengan proses sambungan kayu. Misalnya, dowel, tenon dan mortise, finger joint, atau sambungan ekor burung. Apapun jenis penyambungan kayu yang akan digunakan, jangan sampai salah memilih lem kayu. Jenis lem kayu palet untuk kabinet dapur harusnya bebas dari racun atau zat berbahaya lainnya.

Dengan kata lain, jenis lem tersebut harus food grade. Apa itu food grade? Ini merupakan sebuah istilah yang menjelaskan suatu golongan atau materi tertentu. Golongan tersebut tidak akan menstransfer racun dan zat kimia berbahaya ke makanan. Oleh karena itu, simbol dari food grade ialah gelas dan garpu. Kriteria food grade biasa ditemui pada perabot dapur, peralatan makanan, peralatan bayi, dll.

Jenis lem kayu yang direkomendasikan ialah Crossbond X 3. Bahan perekat ini diformulasikan khusus untuk konstruksi dan area interior. Crossbond X 3 merupakan merupakan Lem kayu single component berbahan dasar polyvinyl acetate yang telah dimodifikasi dengan bahan inner cross linker (PVAC modifier). Produk ini bisa diaplikasikan pada berbagai media kayu, bambu, rotan, dll.

KEUNGGULAN:

  1. Aman dan ramah lingkungan (tidak beracun dan tidak berbau)
  2. Inner cross linker PVAc modivier
  3. Single component adhesive
  4. Solid content +/- 50%
  5. Medium viscosity
  6. Cepat kering
  7. Tahan air
  8. Tahan solvent
  9. Daya rekat kuat
  10. Mudah dibersihkan
  11. Daya sebar luas

Artinya, lem kayu palet untuk kabinet dapur ini sangat aman bagi kesehatan bahkan juga lingkungan. Tetapi, pembuatan perabot ini belum selesai sampai di sini. Langkah selanjutnya ialah dengan mempercantik tampilannya. Anda dapat menggunakan Bio Colours Biovarnish untuk memberikan kesan antik, rustik, atau alami pada furniture.  Bila Anda menginginkan warna solid, gunakan Orchid Enamel Paint. Produk-produk tersebut juga ramah lingkungan dengan pelarut air (water based).

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here