rak piring minimalis kayu

Pembuatan rak piring dari kayu sudah pasti membutuhkan adhesive atau bahan perekat. Seperti apa lem yang cocok digunakan dan apa aspek yang harus diperhatikan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Terdapat setidaknya dua keunggulan yang ditawarkan rak piring dari kayu. Yang pertama adalah estetikanya, dan yang kedua adalah keamanannya. Keunggulan pertama, membuat rak piring Anda dapat dipajang langsung di dekat ruang makan untuk “dekorasi” tambahan. Apalagi bila rak tersebut memang didesain dengan desain yang menarik dan warna yang bagus. Sedangkan poin kedua, terkait dengan pemakaian kayu yang lebih aman dan ramah lingkungan dibanding pemakaian bahan-bahan sintetis.

Rak dari kayu sendiri sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Toh sejak zaman dulu, nenek moyang kita memakai kayu untuk hampir semua perabotannya. Prospek perabot ini juga lumayan baik mengingat masyarakat cenderung menyukai produk-produk kayu yang alami dan organik. Kalaupun pasar lokal belum menjanjikan, pasar internasional bisa dijadikan sasaran. Hanya saja dalam pembuatan rak kayu ini, kita tak hanya membutuhkan kayu-kayu yang tahan air saja. Selain kualitas kayunya, juga dibutuhkan lem untuk rak piring yang berkualitas.

Seperti Apa Lem untuk Rak Piring yang Berkualitas itu?

CS BahanPerekat

Lantas seperti apa lem yang berkualitas itu? Tentu untuk menentukan berkualitas tidaknya sebuah produk, kita perlu memperhatikan tujuan pemakaiannya sendiri. Terkait adhesive untuk rak piring ini,perlu diperhatikan beberapa aspek seperti:

1. Daya tahan lem terhadap paparan air. Karena rak pasti akan sering terkena cipratan air, tentu lem yang dipakai pun harus kuat.
2. Kekuatan atau daya rekat adhesive.
3. Efek lem pada keamanan produk. Hindari lem dengan kandungan toksik.
4. Efek lem pada estetika. Hindari lem yang menyebabkan glue line.
5. Kaitan dengan proses produksi misalnya kecepatan kering dan kepraktisan pemakaiannya

Bahanperekat.com merekomendasikan Crossbond sebagai lem untuk pembuatan rak piring. Crossbond merupakan lem putih berbahan dasar Polyvinyl Acetate yang aman dan ramah lingkungan. Adhesive ini bahkan telah diformulasikan menurut standar:

1. Environmentally Protection Agency atau EPA. EPA adalah lembaga keamanan di Amerika Serikat. Standar ini disesuaikan pada pemakaian Crossbond untuk pembuatan berbagai furniture dan wooden craft.
2. European Chemical Regulation Uni Eropa (European Union), sebuah lembaga yang meregulasi keamanan bahan kimia di Uni Eropa.
3. Food and Drugs di Amerika Serikat. Crossbond merupakan lem food grade yang disesuaikan aturan yang dikeluarkan oleh FDA.

Tingkat keamanan yang baik dari Crossbond membuatnya menjadi adhesive yang cocok untuk pembuatan wooden craft dan perabot yang terkait dengan aktivitas konsumsi kita. Rak piring hanyalah salah satunya. Namun selain aman, tentu lem ini juga memiliki berbagai keunggulan lainnya.

Beberapa aspek yang menjadi kelebihan adhesive ini antara lain:

1. Merupakan lem PVAc dengan inner cross linker modifier yang mampu menciptakan bonding atau ikatan kuat dengan medianya.
2. Lem yang sangat tahan terhadap air, solvent, dan panas.
3. Sangat mudah digunakan
4. Cepat kering
5. Diformulasikan dengan solid content tinggi sehingga pemakaiannya akan membantu Anda lebih hemat
6. Harga adhesive yang terjangkau.
7. Tidak menyebabkan lapisan film lem yang tebal dan berwarna

rak piring kayu modern

Dengan kualitas terbaiknya tersebut dan tingkat keamanannya yang food grade, Crossbond menawarkan solusi adhesive terbaik untuk Anda.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here