membuat terompet

Kita mengenalnya dengan nama “terompet tahun baru.” Dalam bahasa Inggris, terompet seperti ini disebut sebagai party horn trumpet. Party horn trumper pada dasarnya hanyalah alat musik sederhana yang terbuat dari kertas dan beberapa bahan tambahan lainnya. Suara yang dihasilkan pun hanya satu nada. Tujuan pembuatannya memang bukan seperti alat musik lainnya yang didesain supaya bisa digunakan untuk memainkan sebuah lagu. Tujuan terompet seperti ini hanya untuk memeriahkan sebuah momen. Terutama momen tahun baru dan juga momen pesta.

Dalam skala tertentu, terompet seperti ini sudah dibuat secara profesional. Apalagi menjelang tahun baru. Akan ada sangat banyak pedagang terompet tahun baru ditemukan. Padahal pembuatanya sebenarnya sederhana. Tertarik membuatnya sendiri atau malah ingin menjadi produsen terompet tahun baru? Mengapa tidak? Simak langkah dan panduan membuat terompet tahun baru di bawah ini!

Peralatan untuk Membuat Terompet Tahun Baru

1. Kertas manila
2. Kertas emas, kado, krappe, dan pilihan kertas lainnya yang menurut Anda menarik
3. Perekat untuk kertas, lem Ultra Phaethon
4. Plastic horn atau semacam alat bunyi untuk terompetnya.
5. Tape atau double tape
6. Gunting
7. Penggaris dan alat tulis

Panduan Cara Membuat Terompet Tahun Baru dengan Ultra Phaethon

CS BahanPerekat

1. Siapkan plastic horn. Buatlah kertas manila untuk melingkar plastic horn (di ujung) dan membentuk corong.
2. Gunakan Ultra Phaethon pada proses tersebut. Kombinasikan dengan pemakaian plester atau tape. Kami tidak merekomendasikan pemakaian plester saja. Sebab, kalau Anda hanya menggunakan plester, corong tersebut akan mudah lepas. Sebaliknya, pemakaian lem yang merata di kertas akan membuat terompet Anda lebih kuat.
3. Sambungkan plastic horn pada kertas dengan plester.
4. Sementara itu, siapkan kertas hias yang nantinya digunakan untuk melapisi kertas manila. Pilih sesuai selera Anda apakah Anda akan menggunakan kertas kado, emas, atau krappe.
5. Rekatkan kertas pilihan Anda tersebut menyelubungi corong terompet dari kertas manila. Sekali lagi, gunakan lem untuk kertas. Ultra Phaethon. Hindari menggunakan tape atau plester karena akan nampak dari luar. Bagaimana dengan double tape. Pemakaian double tape sebenarnya bisa dilakukan, akan tetapi tak kami sarankan karena perekatan dengan alat tersebut tidak merata.
6. Siapkan jumbai dari kertas krappe atau emas yang telah Anda buat. Rekatkan dengan Ultra Phaethon melingkar pada ujung atau badan terompet.
7. Selesai. Anda kini sudah punya terompet cantik yang siap untuk meramaikan pesta.

Tips Agar Terompet Tahun Baru Lebih Menarik

Agar terompet Anda makin menarik dan disukai pasar, aplikasikan beberapa tips di bawah ini.

1. Padu padankan warna terompet dengan menarik. Jangan salah. Meski terkesan sepele, namun hal ini sangat penting. Coba perhatikan saja bagaimana para pembeli terompet. Banyak di antara mereka yang membeli berdasarkan warna terompet yang dijual.
2. Kenali siapa target pasar Anda. Misalnya target pasar Anda anak-anak, maka Anda bisa memanfaatkan kertas dengan motif idola anak-anak yang sedang trend.
3. Gunakan tambahan hiasan lain agar terompet lebih unik. Misalnya dengan menambah manik-manik, pita, hingga lonceng kecil.
4. Buat desain terompet yang lebih bagus. Contohnya dengan menambahkan pegangan buatan pada bagian atas terompet.
5. Cari penghasil suara dengan suara yang beda.

Nah, demikianlah tips sekaligus cara membuat terompet tahun baru. Sama sekali tidak sulit bukan? Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa, simak terus aneka tutorial menarik lainnya di bahanperekat.com.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here