furniture bambu 1

Dari benda-benda yang kita anggap sampah, pada kenyataannya banyak hal yang bisa didapat. Profit besar hingga penjualan ke luar negeri bukanlah hal yang mustahil. Misalnya produk dari kerajinan pelepah pisang yang selama ini disepelekan. Rupa-rupanya, produk dari bahan ini bila diolah dengan baik bisa menjadi sumber mata pencaharian tersendiri.

Craft atau benda kerajinan bisa terbuat dari beragam bahan. Tak jarang, bahan-bahan yang digunakan berasal dari material yang dianggap tak berguna. Contohnya pelepah pisang. Bagian batang pisang yang terbuat dari lapisan-lapisan pelepah mampu diolah menjadi beragam benda yang menarik. Material serat alam ini ternyata memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku produk-produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Apa saja yang bisa dibuat dari bahan ini? Setidaknya bisa kita bedakan menjadi dua, yakni produk-produk dekoratif dan produk-produk fungsional. Bunga buatan dan lukisan merupakan contoh benda dekoratif dari kerajinan pelepah pisang. Sedangkan benda-benda fungsionalnya bisa kita lihat pada berbagai produk seperti tas, ikat pinggang, sandal, kotak tissue, figura, dan lain-lainnya.

Supaya Kerajinan Pelepah Pisang Anda Berkualitas

CS BahanPerekat

Dalam proses pembuatannya, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar produk pelepah pisang yang dihasilkan berkualitas. Hal-hal tersebut antara lain:

Kualitas Bahan lain yang Digunakan

Memperhatikan kualitas pelepah pisang, sudah barang tentu dilakukan. Tapi bagaimana dengan kualitas bahan lainnya? Sebab seringkali, craft dari pelepah pisang tak hanya terbuat dari bahan tersebut saja.

Cat yang Diaplikasikan

Apa cat yang Anda pakai? Cat akan berdampak pada perlindungan yang diberikan sekaligus estetika craft Anda.

Lem

Pernahkah Anda mendapati produk-produk craft yang komponennya mudah lepas? Hal itu disebabkan karena pemakaian lem berkualitas rendahan. Bila Anda ingin memproduksi kerajinan bermutu, jelas cara seperti ini harus dihindari. Toh, saat ini sudah banyak lem berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa menjadi win-win solution seperti Eva Phaeton.

Sistem Pengemasan

Jangan dikira sistem pengemasan hanya berfungsi membungkus produk saja. Dalam kemasan, kerajinan pelepah pisang Anda bisa saja mengalami kerusakan fatal apabila tidak diantisipasi sejak dini. Biasanya hal ini terjadi karena udara dalam kemasan yang lembab sehingga memicu tumbuhnya jamur. Oleh karena itulah, pengemasan harus dilakukan dengan baik. Gunakan bahan-bahan penyerap kelembaban silica gel berkualitas.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here