hiasan kayu lapis 1

Apa saja yang harus diperhatikan supaya sambungan biscuit joint jadi menarik dan kuat? Yuk simak aplikasinya di bawah ini. Sebab selain penggunaan lem kayu konstruksi yang bagus, masih banyak hal yang harus dicermati.

Biscuit Joint

Biscuit joint merupakan salah satu sambungan yang telah lama digunakan dalam industri pengolahan kayu. Sambungan ini memiliki karakter tersendiri mulai dari kekuatan hingga ketahanannya. Namun dari berbagai karakter khas tersebut, sambungan ini masih memerlukan bahan yang sama-sama diperlukan untuk berbagai sambungan yang lain. Bahan tersebut ialah lem.

Lem atau adhesive memiliki peran yang sangat spesial dalam berbagai wood joinery. Lem berguna menyatukan kayu menjadi satu kesatuan yang benar-benar solid. Dengan lem, sambungan akan lebih stabil dan tahan lama karena dua kayu yang disatukan akan menghasilkan kekuatan lebih kuat.

CS BahanPerekat

Meski begitu, tentu bukan hanya lem yang jadi konsen utama aplikasi berbagai sambungan kayu, termasuk biscuit joint. Bila Anda hendak menerapkan sambungan ini, simaklah beberapa tips menarik di bawah ini. Ada banyak hal selain lem kayu konstruksi yang akan membuat biscuit joint lebih berkualitas.

Ukuran

Meski memerlukan ketelitian tingkat tinggi, bukan berarti sambungan ini bisa diaplikasikan dengan ukuran seenaknya. Pastikanlah untuk menerapkan ukuran yang presisi.

Double Biscuit Joint

Double biscuit joint merupakan salah satu varian sambungan ini. Dalam aplikasinya, ingatlah untuk menggunakan biscuit dengan arah pola serat berlawanan. Sebagaimana yang kita tahu, arah pola serat akan menentukan kembang susut kayu. Bila diarahkan sama, tingkat kembang susut ini akan mengarah pada satu kecenderungan sama yang lebih kuat. Bila diarahkan berbeda, akan terjadi keseimbangan yang justru memberikan manfaat besar.

Kualitas Biscuit

Biscuit biasanya didapatkan dari merek atau brand tertentu. Biscuit umumnya juga terbuat dari kayu olahan seperti mdf. Tentu kualitas produk ini beragam. Jadi pilihlah yang kualitasnya paling baik.

Warna

Masalah warna merupakan masalah estetika. Pada biscuit joint, setidaknya Anda memiliki dua pilihan terkait dengan hal ini. Pertama, menggunakan warna biscuit yang kontras, kedua menggunakan warna yang tak kontras. Silahkan pilih berdasarkan tema desain yang ingin diwujudkan.

Demikian beberapa tips untuk aplikasi biscuit joint. Sebagaimana yang Anda lihat, selain lem kayu konstruksi berkualitas, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here