dining set cantik

Dengan sifat sambungan yang cenderung lemah, aplikasi lem kayu konstruksi terbaik Crossbond akan meningkatkan kekuatan sambungan temu. Apalagi bila kemudian dikombinasikan dengan modifikasi khusus misalnya penggunaan tenon dan biscuit joinery.

Sambungan Temu

Ketika kita meminta orang awam membayangkan mengenai cara menyambungkan kayu, kemungkinan besar mereka hanya akan membayangkan dua kayu direkatkan satu sama lain. Berbagai desain sambungan yang lebih rumit seperti finger joint dan biscuit joint sering tak terpikirkan. Namun bukan berarti tipe sambungan yang sederhana seperti itu tidak ada. Namanya butt joint atau sambungan temu. Sambungan ini bisa dibilang merupakan tipe sambungan yang paling sederhana di antara teknik penyambungan kayu yang lain.

CS BahanPerekat

Disebabkan kesederhanaannya itu, sambungan temu menjadi salah satu sambungan dengan kekuatan paling lemah. Sambungan ini tak punya kekuatan “mengunci” seperti yang kita lihat pada finger joint serta sambungan-sambungan yang lainnya. Tak heran, pada penerapannya tipe sambungan ini hanya diandalkan untuk kebutuhan yang sederhana. Misalnya pembuatan frame atau figura. Kalaupun butt joint ingin diaplikasikan pada kebutuhan yang lebih berat, beberapa modifikasi harus dilakukan. Contoh:

  1. Aplikasi biscuit joint
  2. Aplikasi tenon
  3. Aplikasi paku

Selain ketiga modifikasi di atas, yang tak kalah penting dan harus selalu digunakan adalah lem atau adhesive. Adhesive diperlukan untuk butt joint tanpa modifikasi maupun dengan modifikasi. Pada penggunaan paku pun, aplikasi lem sangat disarankan. Sebab lem mampu membuat kedua kayu terekatkan secara kimiawi pada keseluruhan permukaannya. Dengan demikian, area sekitar wood joint tersebut menjadi lebih stabil sekaligus kuat.

Diperlukan Lem Kayu Konstruksi Terbaik

Sebagaimana telah dibahas pada artikel sebelumnya, tipe lem yang tepat untuk beragam joinery adalah lem konstruksi Crossbond X3. Istilah lem konstruksi mengacu pada lem untuk perekatan struktur atau konstruksi suatu produk baik itu furniture, kerajinan, maupun bangunan. Crossbond X3 yang merupakan adhesive konstruksi terbaik bisa mendukung sambungan temu agar lebih kokoh dengan feature:

  1. Daya rekat yang baik
  2. Tahan lama
  3. Meresap dengan ideal ke dalam kayu sehingga tak menyebabkan glue line
  4. Kecepatan kering pas
  5. Cara aplikasi mudah

Lem kayu konstruksi terbaik Crossbond juga dibekali dengan formulasi 100% non toksik. Ini membuatnya sebagai lem andalan untuk berbagai green product yang memanfaatkan butt joint.

Cara Aplikasi Crossbond X3

Untuk mengaplikasikan Crossbond X3 pada sambungan temu, caranya sangat mudah.

  1. Siapkan media kayu yang akan direkatkan. Pastikan permukaan yang akan dilem sudah kering dan rata.
  2. Lakukan modifikasi dengan tenon atau biscuit bila diperlukan. Selanjutnya aplikasikan lem pada joinery tersebut.
  3. Gunakan clamp press.
  4. Bila Anda ingin mengkombinasikan kekuatan adhesive dan paku, aplikasikan dulu lem. Tunggu hingga kering.
  5. Setelah lem kering, paku sambungan tersebut melalui salah satu sisi kayu.
  6. Selesai.

Mudah bukan cara aplikasi lem kayu konstruksi terbaik Crossbond X3? Karena itu, andalkan selalu adhesive ini untuk produk kayu unggulan Anda!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here