body gitar lepas

Body gitar lepas bukan akhir dari alat musik kesayangan Anda. Ayo perbaiki dengan lem kayu untuk gitar ini!


body gitar lepasLepasnya body gitar merupakan sebuah masalah besar. Awal kerusakan mungkin hanya disebabkan beberapa bagian body yang lepas karena lemnya tidak kuat. Namun bila dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa gitar tak bisa digunakan lagi. Yang harus dilakukan tentu adalah melakukan langkah perbaikan. Dan yang harus pertama diperhatikan dalam langkah perbaikan ini adalah pemilihan lem yang tepat.

Mengapa lem harus tepat? Jawabannya tentu agar masalah serupa tak kembali menimpa Anda. Proses perbaikan gitar memang tak serumit yang kita bayangkan. Namun juga tak semudah seperti membalik telapak tangan. Bila lem yang dipakai salah, tentu usaha keras kita melakukan perbaikan akan jadi sia-sia. Sebagai bahan pertimbangan, adhesive yang kami gunakan pada proses perbaikan ini adalah Crossbond X3. Anda juga bisa mengandalkannya karena selain sangat kuat, lem ini juga mudah digunakan dan harganya terjangkau.

Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3
Lem Kayu Super Kuat Crossbond X3

Langkah-langkah Perbaikan Lepasnya Body Gitar dengan Lem Kayu untuk Gitar Crossbond X3

Periksa Alasan Body Lepas

CS BahanPerekat

Apa yang menyebabkan body gitar lepas? Apabila hanya karena lemnya yang dulu tidak kuat, Anda bisa segera mengikuti langkah kedua di bawah. Namun bila ternyata terdapat masalah lain seperti serangan hama jamur, tentu Anda harus mengatasinya terlebih dahulu. Misalnya membasmi dulu hama jamur permukaan dengan BioCide. Barulah setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Bersihkan Dulu Bagian Gitar yang Akan Dilem

Jangan mengelem dalam kondisi media kotor dan basah! Kondisi basah dan kotor bisa membuat kinerja lem tidak optimal. Karena itu, pastikanlah dulu media tersebut bersih serta kering. Gunakan amplas untuk membersihkan bekas lem lama.

Aplikasikan Crossbond X3

Aplikasikan Crossbond X3 sepanjang garis pengeleman body gitar. Oleskan pada kedua permukaan yang akan direkatkan. Pastikan jumlahnya cukup serta merata.

Biarkan Mengering

Setelah Anda menempelkan body gitar pada tempatnya dengan Crossbond, biarkan dulu hingga adhesive tersebut mengering. Sambil menunggu, balikkan gitar di mana bagian yang lepas menghadap bawah. Kemudian, tindih alat musik tersebut dengan beban. Misalnya saja menggunakan beras atau buku-buku yang berat.

Bagaimana? Tak sulit kan mengikuti langkah di atas? Meski begitu, supaya usaha Anda tidak sia-sia, andalkanlah selalu lem yang kuat dan tahan lama seperti lem kayu untuk gitar Crossbond X3.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here