kartu pop up bunga

Penasaran bagaimana cara membuat kartu pop up alias pop up card dengan mudah? Simak tutorial dan panduannya di bawah ini.

Kartu pop up merupakan kartu unik yang memberikan gambar timbul saat dibuka. Kartu-kartu seperti ini cocok diberikan kepada teman, keluarga, sahabat, hingga pacar. Pop up card juga bisa diberikan pada berbagai momen mulai dari momen lebaran sampai momen ulang tahun. Saat ini, telah banyak orang yang menjual kartu seperti ini. Search saja dengan kata kunci jual kartu pop up atau pop up card. Pasti akan banyak bermunculan online shop yang menawarkan jasanya. Padahal, cara membuat kartu seperti ini relatif mudah. Anda bahkan bisa memproduksinya sendiri untuk menjadi penjual.

Tertarik bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Alat dan Bahan untuk Membuat Pop Up Card Sendiri

CS BahanPerekat

1. Kartu manila. Pilih warna yang Anda suka untuk kartu tersebut.
2. Spidol warna-warni untuk membuat gambar timbul. Anda juga bisa memanfaatkan gambar potongan majalah dan lainnya yang menarik.
3. Gunting
4. Lem untuk kertas manila yang kuat, Ultra Phaethon
5. Alat tulis dan penggaris

Setelah semua alat dan bahan tersebut Anda miliki, kumpulkanlah di tempat di mana Anda akan membuat kartu ini.

Tutorial Cara Membuat Kartu Pop Up Sendiri

1. Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu desain kartu pop up yang ingin Anda buat.
2. Setelah desainnya selesai, siapkan kertas manila yang digunakan untuk material dasar kartu ini. Sebagai contoh, kami menggunakan potongan manila dengan ukuran 20 x 14 cm. Nantinya, dari ukuran ini akan terbentuk pop up terlipat yang ukurannya 10 x 7 cm.
3. Tekuk atau lipat kertas manila menjadi dua bagian sama luasnya. Tekan agar lipatan tak kembali lagi ke posisi semula. Buat kertas manila dengan ukuran serupa lagi. Jangan ditekuk. Biarkan dulu sampai saatnya nanti dipakai.
4. Secara hati-hati, sayat bagian sudut lipatan kertas. Buat hingga 8 sayatan (lihat gambar untuk mengira-ira panjang sayatan).
5. Tentukan gambar sekaligus ucapan untuk pop up card Anda.
6. Buat gambar pop up atau ucapan selamat yang sudah Anda desain.
7. Sebetulnya, Anda juga bisa menggunakan gambar yang bukan buatan sendiri. Ambil dan potong saja gambar yang menurut Anda bagus dari majalah dan lain sebagainya.
8. Siapkan adhesive untuk kerta, Ultra Phaethon.
9. Posisikan kertas manila ditekuk. Setelah itu, ambil bagian yang sudah disayat dan kemudian ditarik ke depan. Cek apakah sayatan tersebut bisa timbul saat tekukan dibuka.
10. Rekatkan gambar (buatan Anda sendiri atau potongan gambar lain) pada potongan sudut di kertas manila (lihat gambar agar jelas).
11. Biarkan dulu Ultra Phaethon hingga kering (sama sekali tidak lama).
12. Siapkan kertas manila kedua yang telah Anda buat pada langkah ketiga.
13. Rekatkan kertas manila tersebut. Gunakan Ultra Phaethon dan ratakan sampai benar-benar merata ke seluruh permukaan kertas.
14. Tes dulu apakah kartu Anda berhasil dibuat. Perhatikan dengan detil bila terjadi kesalahan. Misalnya, ada bagian terselip pada kartu tersebut. Setelah itu, atasi dengan cermat.
15. Selesai!

kartu pop up bunga

Demikianlah tutorial sekaligus panduan cara membuat pop up card atau kartu pop up. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here