vinyl lantai

Mau pasang floor sticker? Kenapa tidak? Tapi sebelum memasangnya, sebaiknya ketahui dulu apa karakter pelapis ini serta mana yang lebih baik dibanding pelapis yang lain.

Pengertian Floor Sticker

Secara sederhana, kita bisa katakan bahwa Floor Sticker (FS) atau stiker lantai memiliki pengertian sebagai pelapis khusus yang didesain untuk ditempelkan ke lantai. Tujuannya, selain untuk memberikan perlindungan adalah meningkatkan estetika atau keindahan lantai.

Floor sticker bukanlah produk baru. Ada banyak jenis produk serupa lainnya yang juga dijual di pasaran. Misalnya saja berbagai pelapis yang biasa untuk finishing tempel seperti veneer dan High Pressure Laminate. HPL pun memiliki kesamaan dengan FS karena keduanya merupakan pelapis berbahan sintetis. Hanya saja bila HPL tak memiliki perekat pada salah satu permukaan pelapisnya, stiker ini dilengkapi dengan perekat khusus. Dari kondisi itulah, pelapis ini memiliki nama sticker. Seperti stiker mainan yang kita kenal, produk ini pun hanya tinggal ditempel di lantai saja. Meski, karakter ini tak bisa serta merta disebut kelebihan (karena ada dampak negatifny juga), namun secara umum hal tersebut membuat aplikasi FS lebih praktis.

CS BahanPerekat

Bahan floor sticker adalah vinyl self adhesive. Vinyl sendiri adalah bahan kimia berupa berupa gugus fungsional dengan formulasi −CH=CH2. Vinyl merupakan etilen (H2C=CH2) yang kehilangan sebuah hidrogen. Ada banyak jenis vinyl selain vinyl self adhesive, misalnya saya PVC atau PVC atau polyvinyl chloride dan PVF atau PVF atau polyvinyl fluoride. Tiap produk vinyl memiliki guna yang berbeda satu lain. Karakternya pun sangat beragam.

Harga Floor Sticker

Harga produk stiker lantai sangat beragam. Biasanya harga produk ini ditentukan oleh:

1. Kualitas tiap produk termasuk keindahannya
2. Merk
3. Lokasi pembelian
4. Berbagai keunggulan khusus seperti adanya fitur anti slip dan anti gores pada beberapa stiker lantai

Sampai saat ini, biasanya produk ini dijual dalam bentuk roll. Untuk harganya sangat bervariasi. Tapi secara umum ada yang harganya dua ratus ribuan, tiga ratus ribuan, hingga 500 ribuan. Faktor kualitas, merk, dan faktor-faktor yang disebut di atas sangat berpengaruh pada harga produk yang harus Anda bayarkan.

stiker lantai vinyl

Keunggulan Pemakaian Stiker Lantai

1. Memiliki ketahanan yang relatif baik terhadap air dan goresan.
2. Mudah digunakan.
3. Beberapa merk yang bagus menambahkan fitur anti slip untuk mencegah penghuni gedung terpeleset.
4. Harga relatif terjangkau.
5. Makin mudah didapatkan.

Kekurangan

Ada kelebihannya, tentu juga ada kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangan pemakaian floor sticker.

1. Tidak tahan terhadap cuaca yang ekstrim. Dan karena itu, FS tak direkomendasikan untuk digunakan di luar ruangan.
2. Secara umum, kurang tahan terhadap kondisi ekstrim termasuk outdoor. Karenanya hanya direkomendasikan dipakai di dalam ruangan.
3. Meski telah diberi lapisan antigores, namun kualitasnya sangat beragam dan beberapa ada yang bahkan sangat rentan rusak gara-gara goresan.
4. Adanya lem pada pelapis ini memang akan membuat proses aplikasi lebih praktis. Tetapi bila lem rusak, maka proses aplikasi justru sangat repot. Lem yang dipakai juga belum tentu cocok dengan sub floor atau dasaran untuk floor sticker.
5. Dari segi estetika dan ketahanan masih kalah dibanding HPL.

Bila dibandingkan dengan pelapis lain, kami lebih merekomendasikan pemakaian pelapis lantai seperti HPL yang kemudian direkatkan dengan Eva Phaethon.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here