Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kayu lapis? Selain diperlukan lem untuk laminasi kayu yang bagus, banyak aspek lain yang harus jadi perhatian.

Membuat kayu lapis sendiri di rumah? Kenapa tidak? Bila bahannya tersedia, barangkali aktivitas ini bisa Anda lakukan di waktu yang senggang. Selain bermanfaat, kepuasan setelah kayu lapis selesai dibuat pasti akan dirasakan.

Coba cek persediaan kayu di rumah Anda. Apakah ada papan kayu lapis tak terpakai? Misalnya bekas bagian belakang almari atau bekas dari renovasi rumah tempo dulu? Bahan-bahan tersebut terlalu tipis untuk digunakan lebih lanjut. Dengan melapiskannya satu sama lain, kita bisa menghasilkan papan yang lebih kokoh untuk meja hingga pintu.

CS BahanPerekat

Agar hasilnya baik, salah satu bahan yang harus Anda pilih dengan selektif adalah lemnya. Jangan sembarangan menggunakan lem kayu. Pilih lem kayu untuk kebutuhan laminasi. Produk yang kami sarankan adalah Crossbond X4. Dengan formulasi dasar resin alifatik, lem ini unggul karena berdaya rekat kuat, tahan lama, aman, hingga mudah diaplikasikan.

Faktor lain di Luar Lem untuk Laminasi Kayu

Meskipun penggunaan lem sangat penting, namun di luar aspek pengeleman masih banyak hal lain yang harus dicermati. Yuk, simak poin-poin di bawah ini.

Pastikan Kayunya Tidak Berhama

Cek kondisi kayu. Hindari menggunakan kayu yang berhama. Sebaiknya atasi dulu hama pada substrat tersebut. Penggunaan kayu berhama akan menyebabkan masalah lebih serius di kemudian hari.

“Clamp Press” Tiruan

Clamp press berfungsi menahan posisi kayu yang baru dilem dan memberinya sedikit tekanan. Dengan alat ini, kayu bisa merekat dengan baik. Bila Anda tak memiliki clamp press di rumah, gunakan alat-alat ala kadarnya. Misal membuat sendiri clamp press tiruan dengan kayu dan tali.

Percantik dengan Vinir

Agar tampak lebih menarik, Anda bias menggunakan veneer. Aplikasikan saja bahan tersebut pada bagian atas, bawah, maupun pinggir kayu lapis.

Gunakan Lem untuk Laminasi Kayu dengan Tepat

Pada akhirnya, kita kembali lagi ke bahasan mengenai adhesive. Selain memilih lem yang bagus, cara penggunaannya pun harus tepat. Bacalah rekomendasi pemakaian lem bersangkutan. Tidak ada gunanya membeli lem untuk laminasi kayu terbaik sekalipun bila cara penggunaan Anda tidak tepat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here