miniatur craft bambu

Mempertahankan keindahan dekorasi outdoor dapat dilakukan dengan lem kayu tahan air. Dekorasi tersebut jelas rentan akan guyuran air hujan atau rembesan kolam renang.

Kayu masih mendominasi dekorasi rumah baik area indoor maupun outdoor. Bahan baku tersebut dijadikan lantai, dinding, serta furniture dengan berbagai inovasi. Dekorasi outdoor menggunakan kayu tidak hanya diletakkan pada teras saja. Akan tetapi, ide ini digunakan untuk membuat perabot eksterior, gazebo, pergola, bahkan lantai kolam renang. Apa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ini? Tentu saja, lem kayu tahan air agar keindahan dekorasinya kuat dan awet.

Mengapa jenis perekat ini sangat dibutuhkan? Lantai kayu sering digunakan untuk mendekorasi kolam renang. Hal tersebut jelas bahwa lantai ini rentan akan rembesan air dari kolam tersebut. Di sisi lain, furniture eksterior juga sering berhadapan dengan air hujan. Air dapat melemahkan kekuatan lem kayu yang digunakan. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka fungsi dan keindahan dari dekorasi outdoor tersebut tidak akan bertahan lama.

Pertimbangan Lem Kayu Tahan Air dengan Nilai Plus (Ramah Lingkungan)

CS BahanPerekat

Bagaimana cara mengetahui tingkat kekuatan lem air tahan kayu? Ada satu cara sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah. Uji tes bahan perekat ini dapat dilakukan dengan sistem rendam. Lem direndam dalam air selama mungkin sampai daya adhesive-nya hilang. Semakin lama waktu yang dibutuhkan semakin bagus pula kualitas ketahanan air dari lem tersebut.

Permintaan akan lem kayu untuk laminasi dan konstruksi memang sangat tinggi. Bahan perekat tersebut dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan. Lem kayu sering digunakan untuk membangun hunian sementara bagi para pengungsi bencana. Dalam musibah bencana badai Kathrina 2005 silam, para korban yang tinggal di tempat pengungsian mendapatkan gangguan pernafasan dan iritasi mata.

Kejadian tersebut ternyata disebabkan oleh kandungan lem yang digunakan. Produk perekat tersebut mengandung formalin dan meracuni para korban bencana. Dari pengalaman tersebut, lembaga perlindungan lingkungan Amerika Serikat memberikan pembatasan  terhadap penggunaan formalin. Lem kayu yang baik tidak hanya tahan air tetapi juga ramah lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan bahan lain yang lebih aman sebagai pengganti bahan kimia berbahaya tersebut.

Lem Kayu PVAc Pengganti Formalin yang cocok untuk Dekorasi Outdoor

Dengan demikian, diperlukan lem aman untuk membuat bangunan ataupun dekorasi luar ruangan. Crossbond X 4 ialah lem untuk laminasi kayu dari bahan polyvinyl acetate. PVAc atau polymer karet sintesis ini dapat dilarutkan dengan air dan mudah dibersihkan. Crossbond X 4 diformulasikan tahan air, cepat kering, daya sebar luas, tahan panas, tahan solvent, dll.

Produk perekat ini telah lolos uji keamanan dari racun kimia berbahaya dan VOC content. Standard tersebut ialah ECHA Reach dari Eropa dan EPA dari Amerika Serikat. Crossbond X 4 memiliki kemasan 1 galon atau 4 kg dan 250 gram. Lem kayu tahan air ini dinilai lebih aman dan ramah lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan indoor atau furniture interior, produk yang cocok ialah Crossbond X 3.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here