high-pressure-laminate

Bagaimana cara lem HPL agar hasilnya benar-benar baik? Tak semua orang bisa memasang lembaran ini dengan rapi. Keterampilan khusus serta alat dan bahan yang tepat harus disediakan.

Siapkan Dulu Alat dan Bahan yang Tepat

HPL atau High Pressure Laminate merupakan pelapis sintetis yang biasa digunakan untuk finishing tempel. Pelapisan dengan HPL bisa melindungi media yang difinishing dengan bahan ini sekaligus meningkatkan estetikanya.Pemasangan HPL sendiri termasuk sulit dilakukan. Mulai dari kerapian memotong HPL hingga pemilihan edging yang tepat harus diusahakan. Karena itu, sebelum memasang bahan ini dengan baik, sebaiknya perlengkapannya dulu disediakan. Sediakanlah alat-alat woodworker standar yang dibutuhkan untuk memasang HPL mulai dari medianya, kuas, sirkel mesin runci, pemotong, amplas, hingga alat ukur.

CS BahanPerekat

Selanjutnya, sediakan lem yang kuat untuk memasang HPL. Hati-hati! Jangan sembarangan membeli lem kayu. Tak semua lem kayu bisa digunakan untuk HPL. Pilihlah lem yang tepat digunakan untuk pelapis ini seperti Eva Phaethon. Nah, setelah semua perlengkapan tersedia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pemasangan di bawah ini.

countertop hpl

Langkah-langkah Cara Lem HPL

1. Siapkan dulu media yang akan difinish dengan HPL. Amplas media supaya permukaan rata.

2. Ukur kelembaban substrat media. Hindari melakukan finishing saat MC atau kelembaban substrat sedang tinggi.

3. Ukurlah luas media yang akan dilapisi HPL.

4. Potong HPL sesuai ukuran luas medianya. Sisakan beberapa cm, jangan terlalu pas dengan ukuran media.

5. Oleskan adhesive Eva Phaethon. Tapi sebelumnya pastikan dulu HPL sudah bersih dan juga kering. Oleskan lem secara merata dan cukup.

6. Rekatkan HPL. Tunggu sebentar hingga agak kering.

7. Rapikan bagian ujungnya.

8. Tempelkan edging yang sudah disediakan dengan cara yang sama seperti pemasangan HPL.

9. Selesai.

Dari langkah-langkah di atas, pemasangan HPL tak nampak sulit dilakukan. Tapi jangan salah. Sekali lagi, banyak orang yang memang bsia dengan mudah memasang lembaran ini. Namun yang bisa memasangnya dengan baik tidaklah banyak.

eva pheathon

Finishing tempel dengan HPL bisa disebut susah-susah sukar dilakukan. Untuk itulah, selain cara lem HPL yang harus tepat, kami juga menekankan pentingnya kualitas perlengkapan yang dipakai. Misalnya saja terkait penggunaan adhesive yang tepat, Eva Phaethon.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here