Pernah dengar istilah kayu laminasi? Istilah tersebut merujuk pada material woodworking dengan karakteristik khusus. Lebih lanjut mengenai apa itu wood laminated dan bedanya dengan veneer, silahkan simak informasinya di sini.

Pengertian

Lamination atau pelaminasian dalam industri pengolahan kayu bisa diartikan sebagai proses pelapisan lembaran tipis kayu dengan metode khusus. Biasanya diterapkan panas serta tekanan tinggi dalam proses pembuatan laminasi. Meski demikian, ada kalanya pengertian ini juga merujuk pada proses perekatan lembaran kayu maupun kayu olahan pada sebuah bidang datar. Misalnya saja pelapisan veener dan pemasangan lantai kayu.

Perbedaan Kayu Laminasi dengan Veneer serta Kayu Solid

CS BahanPerekat

Karakter khas wood laminated memiliki perbedaan jelas yang membedakannya dengan kayu solid maupun veneer. Dibanding kayu solid, kayu seperti ini biasanya memiliki bidang luas lebih besar namun tebal lebih tipis. Sedangkan dibanding vinir, material ini lebih tebal dan terdiri atas beberapa lapisan. Vinir sendiri umum digunakan sebagai finishing tempel. Sedangkan kayu jenis ini jelas tak bisa digunakan untuk pelapis pada finishing tempel. Malah, veneer lah yang kerap digunakan sebagai finishing pada bahan tersebut.

Pembuatan Kayu Laminasi dan Pengaplikasiannya

Dalam proses pembuatannya, material ini harus melewati beberapa langkah. Biasanya digunakan mesin-mesin khusus yang mampu memberikan tekanan maupun kondisi suhu tinggi. Bahan lainnya yang harus digunakan dalam pembuatan maupun penggunaan kayu jenis ini adalah lem. Lem sangat penting karena bahan inilah yang secara langsung menyatukan lembaran-lembaran kayu maupun penempelannya. Adapun, feature lem ideal yang dibutuhkan untuk kayu ini adalah:

1. Cover area luas

2. Medium density viscosity

3. Daya serap

4. Ketahanan

5. Kekuatan atau daya rekat

Terdapat banyak lem untuk kebutuhan laminasi meski yang memiliki kriteria ideal seperti di atas masih sedikit. Crossbond X4 adalah contoh lem laminasi yang memiliki kelima feature unggulan di atas.

Harga

Harga kayu ini sangat beragam tergantung kualitas yang ditawarkan. Ada yang sangat terjangkau, namun ada juga yang sangat murah.

Manfaat dan Guna

Melihat kondisi yang ada saat ini, sebenarnya kayu ini menawarkan banyak keunggulan. Beberapa di antaranya adalah harga yang lebih murah, penampang kayu lebih luas, serta supply yang lebih terjamin. Lantas apa manfaat kayu ini? Di antara manfaat kayu laminasi adalah sebagai material pembuatan furniture, material bangunan, untuk digunakan pada pesawat terbang hingga kereta api, maupun sebagai bahan untuk pembuatan lantai.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here