High-Pressure-Laminate

Apa saja ciri lem HPL kayu yang bagus? HPL atau High Pressure Laminate adalah pelapis dekoratif yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kita. HPL merupakan pelapis yang bersifat protektif sekaligus dekoratif. Protektif artinya mampu memberikan perlindungan, sebab pelapis ini memang biasanya diaplikasikan pada kayu olahan yang mudah rusak. Sedangkan dekoratif artinya bisa membuat produk lebih menarik. Hal ini didukung dengan pola serta warna yang dihadirkan HPL sangat beragam.

Meskipun demikian, aplikasi HPL tak bisa dilakukan hanya dengan bahan tersebut sendiri. Diperlukan perekat untuk merekatkan pelapis tersebut pada medianya, baik pada MDF maupun particle board. Lantas lem apa yang bagus dan seharusnya dipilih? Berikut ini tips kami untuk mendapatkan lem yang tepat.

Kriteria Lem HPL Kayu yang Bagus

  1. Merupakan perekat bertipe laminasi. Perekat di pasaran terdiri dari banyak jenis. Untuk HPL sendiri, perekat yang tepat adalah perekat bertipe pelapis atau laminasi. Biasanya perekat seperti ini juga direkomendasikan untuk veneer hingga pemasangan lantai kayu.
  2. Tahan cuaca, terutama untuk HPL yang akan diletakkan di luar ruangan.
  3. Aman digunakan, terutama untuk HPL yang akan diaplikasikan pada kebutuhan kabinet dapur.
  4. Kuat.
  5. Kecepatan kering sebaiknya standar mesin.
  6. Lebih mudah digunakan lebih baik, karena itu, pilihlah lem single component.
  7. Harga kompetitif.

Seperti dijelaskan di atas, yang utama perlu diperhatikan adalah jenis lem. Tiap lem memiliki rekomendasi pemakaian sendiri-sendiri. Misal untuk mengisi celah, lem laminasi jelas tak bisa digunakan. Namun untuk pelapisan seperti HPL, maka lem laminasi adalah jawabannya. Barulah setelah menentukan jenis lem yang tepat, aspek lain bisa dicermati seperti daya rekat hingga ketahanan.

CS BahanPerekat

Dari berbagai lem di pasaran sendiri, Eva Phaeton masih merupakan adhesive yang kami sarankan. Selain berjenis lem laminasi, Eva Phaeton juga unggul karena kuat, tahan lama, dan sangat aman digunakan. Lem ini pun bisa dibeli dengan harga kompetitif dan aplikasinya hemat.

Menarik ya?

Pada intinya, penggunakan lem HPL kayu sangat penting diperhatikan. Sebab sebaik apapun kualitas HPL, bila lemnya kurang baik, maka produk yang dihasilkan pun akan berkualitas rendah.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here