Telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, pemakaian karton membutuhkan lem atau bahan perekat yang tepat. Apakah jenis lem kertas karton yang bagus?

Paperboard atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai kertas karton merupakan material dari bahan pulp. Menurut ISO 536, paperboard adalah kertas dengan berat lebih dari 200 gram per 1 meter. Dibandingkan kardus, bahan ini memiliki proses produksi yang lebih rumit. Konsekuensinya, kualitas kertas karton juga lebih baik dibandingkan kardus, baik dari tampilan maupun aspek lainnya secara umum.

CS BahanPerekat

Pemanfaatan kertas karton telah merambah berbagai aspek kehidupan. Kita bisa menemukan pemanfaatan bahan ini pada kartu remi, pembuatan frame atau figura, karto post atau post card, dan berbagai kebutuhan lainnya, termasuk kerajinan dari karton. Berbagai keunggulan ditawarkan kertas karton. Salah satunya sifatnya yang dianggap eco friendly. Apalagi bila kertas karton tersebut dibuat dari proses daur ulang.

kertas karton

Membutuhkan Lem yang Bagus

Penggunaan kertas karton membutuhkan banyak bahan pendukung. Salah satu bahan pendukung yang sangat vital keberadaannya adalah adhesive atau bahan perekat. Sebagaimana paku untuk menyatukan komponen berbahan solid dan keras, lem dibutuhkan untuk menyatukan komponen berbahan karton agar terwujud bentuk yang lebih baik dan fungsional.

Apa Jenis Lem Kertas Karton yang Bagus?

Lantas apa jenis lem untuk karton yang bagus? Memilih lem karton bisa dibilang gampang-gampang susah. Kita tentu tak bisa menggunakan sembarang lem kertas karena daya rekatnya lemah. Namun kita juga tak perlu memanfaatkan lem dengan daya rekat terlampau tinggi seperti adhesive-adhesive yang didesain untuk kayu.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pakai kala membeli lem karton.

1. Pilihlah lem yang memang didesain untuk material seperti karton. Jangan membeli lem yang didesain untuk material dengan karakter sangat berbeda dengan karton.
2. Perhatikan efek warna lem. Hindari lem yang bisa menyebabkan efek menguning.
3. Pilih lem yang ikatannya tahan lama dan tidak mudah rusak terkena panas, air, hingga solvent.
4. Sebaiknya gunakan lem berbasis air yang tak berbau menyengat
5. Pilih lem yang kandungannya aman. Hindari bahan perekat dengan zat-zat toksik di dalamnya.
Adhesive yang kami sarankan untuk kebutuhan pengeleman kertas karton adalah Ultra Phaethon. Dengan bahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate, Ultra Phaethon memiliki banyak keunggulan dibanding adhesive sejenis di pasaran. Secara umum, keunggulan lem ini terletak pada aspek-aspek seperti:
1. Sangat kuat untuk mengelem karton
2. Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan
3. Sangat mudah digunakan
4. Tak menyebabkan efek warna tertentu
5. Resisten dan tahan lama
6. Cepat kering
7. Harganya paling terjangkau dengan kualitas terbaik yang ditawarkan

Anda bisa membeli adhesive ini hanya dengan Rp. 48.000,00 untuk kemasan 1 kg. Murah bukan? Penggunaan adhesive ini nantinya bisa diterapkan untuk berbagai jenis kertas karton mulai dari karton box hingga kertas karton biasa.

Cara Membeli Lem Kertas Karton Ultra Phaethon

Dapatkan adhesive ini dengan melakukan pemesanan via kontak CS yang kami sediakan. Anda akan segera terhubung dengan layanan Customer Care kami dan mendapat informasi cara pemesanan serta berbagai hal lainnya mengenai adhesive ini. Anda juga bisa membeli lem ini di berbagai toko online atau marketplace. Pastikan Anda membeli pada agen-agen resmi kami ya. Untuk memastikan, Anda selalu bisa mengandalkan layanan Customer Care dari kami.

Semoga bermanfaat.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here