toples decoupage

Tahukah Anda, hingga saat ini ilmu pengeleman masih menyimpan banyak hal yang belum diketahui dengan pasti? Proses perekatan tak bisa dipungkiri memang hal yang rumit. Demikian juga pengeleman kayu dengan lem untuk kayu yang digunakan.

Memperbanyak informasi berupa tips dan bahasan lainnya akan membantu kita untuk mengaplikasikan perekatan yang tepat. Anda bisa memulainya dengan membaca 5 saran di bawah ini.

5 Hal yang Harus Jadi Perhatian saat Menggunakan Lem Kayu

Persiapan yang Baik

CS BahanPerekat

Lakukanlah persiapan pada media yang akan dilem. Pastikan media bersih dan sudah kering. Selain itu, lakukan pengeleman pada kondisi yang ideal. Hindari mengelem pada ruangan yang terlalu lembab atau malah terlalu panas. Yang ada, lem justru tak bisa memberikan performa optimalnya.

Teknik yang Tepat

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat mengaplikasikan lem. Terkait dengan tekniknya, salah satu yang harus Anda perhatikan adalah arah pola serat kayu. Hal yang tampaknya sepele ini nyatanya memang berpengaruh terhadap hasil dan kualitas perekatan.

Jenis Lem yang Tepat

Ada banyak lem untuk kayu yang beredar di pasaran. Banyak pula di antaranya yang memiliki kualitas baik. Namun, apakah lantas semua lem tersebut dapat digunakan untuk segala keperluan perekatan? Jawabannya sama sekali tidak. Anda harus cermat karena tiap perekat didesain dengan feature-nya masing-masing. Sebagai contoh, lem Crossbond X3 yang didesain untuk perekatan konstruksi ramah lingkungan. Beda lagi dengan Crossbond X4 yang didesain untuk perekatan laminasi ramah lingkungan.

Pengeringan

Setelah selesai mengoleskan lem, pekerjaan Anda sama sekali belum selesai. Justru pada proses berikutnya Anda harus lebih hati-hati. Penggunaan clamp press yang tepat sangat disarankan.

Pembersihan Sisa Lem

Banyak pekerja yang enggan menggunakan banyak lem karena tidak mau membersihkan sisa-sisa lem yang mencuat keluar. Hal ini sangat keliru. Keluarnya lem saat dua kayu ditempelkan justru sangat penting. Kondisi itu menandakan bahwa lem sudah menyebar dengan baik.

Demikian 5 saran penting saat menggunakan lem untuk kayu. Semoga bermanfaat ya!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here