SONY DSC

Salah satu perbedaan yang kentara antara rumah joglo dengan rumah modern adalah penggunaan material penyusunnya. Sebagai rumah tradisional, joglo lebih banyak menggunakan bahan-bahan yang secara alami terbentuk di alam. Salah satunya adalah kayu. Dampaknya tentu bukan sekedar kuantitas kayu yang lebih banyak. Akan tetapi, bahan pendukungnya berupa cat dan lem pun harus lebih diperhatikan.

Pentingnya Perekatan di Rumah Joglo

Bangunan joglo sendiri hari ini termasuk jarang digunakan masyarakat awam. Namun bagi kalangan pebisnis hotel, restauran, dan sebagainya, aplikasi bangunan tradisional tersebut adalah hal yang lumrah. Pada kebutuhan seperti ini, tentu pembangunan joglo tidak boleh dilakukan secara asal. Pemilihan kayu dan bahan pendukungnya wajib diperhatikan dengan serius karena dampaknya bila gagal bukan sekedar ketidaknyamanan. Dampaknya bisa sampai ke persoalan pelanggan yang sepi sehingga berimplikasi pada usaha yang bangkrut.

Terkait dengan perekatan kayu-kayunya, harus diperhatikan aspeknya secara utuh, mulai dari daya rekat lem, jenis lem, hingga keamanannya. Usahakan untuk memilih lem yang bukan hanya berkualitas, tapi juga tepat. Sebab, sebaik apapun kualitas lem, namun bila spesifikasinya tidak cocok untuk kebutuhan tertentu, maka hasilnya pun tak akan bagus.

CS BahanPerekat

Berdasarkan tipenya, berikut ini dua tipe perekatan yang sering diaplikasikan untuk joglo.

Perekatan di Rumah Joglo untuk Tipe Laminasi

Tipe perekatan bisa dibagi menjadi dua, yakni laminasi dan konstruksi. Untuk tipe laminasi, aplikasinya biasanya pada lantai dan dinding kayu. Lem yang kami sarankan adalah Crossbond X4. Bahan perekat ini menggunakan resin alifatik yang didesain dengan viskositas medium sehingga sangat cocok untuk kebutuhan perekatan seperti itu. Penggunaannya sendiri dapat diterapkan untuk indoor maupun outdoor (lantai decking).

Perekatan di Rumah Joglo untuk Tipe Konstruksi

Selain perekatan tipe laminasi, perekatan tipe konstruksi juga sering digunakan pada pembuatan rumah. Misalnya perekatan antar komponen rumah itu sendiri. Lem yang kami sarankan adalah Crossbond™ X3. Lem PVAc tersebut sangat aman untuk indoor, berdaya rekat kuat, dan menawarkan berbagai keunggulan lainnya sebagaimana Crossbond™ X4.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here