Supplier Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Masih pemula dalam pembuatan decoupage tapi ingin membuka usaha di bidang tersebut? Jangan khawatir! Mari simak informasi tutorial decoupage Indonesia di bawah ini.

kotak kayu decoupage

Pengertian Decoupage

Decoupage pada dasarnya adalah teknik menempelkan lembaran bermotif yang kemudian dilapisi dengan coating. Lembaran tersebut bisa berupa kain atau kertas, namun umumnya sudah tersedia dalam produk napkin decoupage. Dengan teknik ini, produk akan terlihat lebih menarik dengan pola-pola indah yang dihasilkan tanpa perlu proses pelukisan yang rumit.

Produk yang Bisa Dihasilkan

CS BahanPerekat

Beragam produk bisa dipercantik dengan teknik ini. Misalnya saja furniture, kap lampu, vas bunga, toples makanan, tempat lilin, hingga kotak kayu.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kerajinan decoupage, alat dan bahan yang dibutuhkan tidaklah terlalu rumit. Berikut ini alat dan bahan krusial untuk teknik kerajinan ini.

  1. Media yang akan di-decoupage
  2. Pembersih media, bisa berupa cuka maupun amplas
  3. Cat dasar dengan warna sesuai selera
  4. Pernis transparan atau top coat
  5. Lem Ultra Phaeton (lem untuk decoupage)
  6. Kuas
  7. Napkin decoupage atau bahan serupa lain yang bisa menggantikannya

toples decoupage

Prinsip Dasar Pembuatan Decoupage

  1. Persiapan media dengan cara membersihkan dan mengeringkannya.
  2. Pengolesan cat dasar, baik itu cat warna solid seperti putih atau cat bening. Langkah ini merupakan langkah opsional yang bisa Anda lewati.
  3. Aplikasi napkin decoupage atau kain dan kertas berpola menarik yang Anda sukai. Gunakan lem yang tepat seperti Ultra Phaeton untuk kerajinan ini.
  4. Aplikasi pernis atau cat bening untuk melindungi napkin sekaligus membuat napkin seolah-olah menyatu pada media.

 

Tips Membuat Decoupage Makin Cantik

Setelah empat langkah pembuatan decoupage di atas diikuti, sebetulnya Anda sudah selesai membuat decoupage. Namun tentu saja diperlukan beberapa cara supaya hasil karya Anda terlihat lebih maksimal. Berikut ini beberapa tips yang kami sarankan.

  1. Bila Anda lihai dalam hal finishing, kombinasikan saja teknik kerajinan ini dengan tipe finishing yang sesuai. Misal tipe finishing vintage yang dikombinasikan dengan napkin bunga-bunga klasik.
  2. Pemberian pita dan aksesori lainnya seperti bunga dari kain flannel hingga kerincingan.
  3. Pengemasan yang baik sehingga karya Anda terlihat lebih apik dan diminati orang.

Sekian tutorial decoupage Indonesia kali ini. Jangan lupa, terus simak informasi mengenai kerajinan ini berikutnya di bahanperekat.com

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here