miniature perahu

Pernahkah Anda memperhatikan aneka produk perahu kayu yang sering dijual sebagai suvenir? Jangan salah. Ternyata, cara untuk membuat produk tersebut cukup mudah. Biaya yang harus dikeluarkan pun terjankau. Bahannya hanya kayu, lem Crossbond, juga finishing sesuai selera Anda. Dengan bahan-bahan ini, Anda sudah dapat membuat banyak perahu mini yang dapat dijual sebagai suvenir. Menarik bukan? Langsung saja, simak cara pembuatan miniature perahu di bawah ini.

Alat dan Bahan

  1. Kayu dengan dimensi ukuran kapal 5 x 5 x 10. Bila Anda ingin membuat yang lebih besar, kalikan saja ukuran dimensi tersebut.
  2. Dua potongan kayu berukuran 5 cm x 1 cm.
  3. Amplas
  4. Kuas
  5. Bahan finishing
  6. Lem kayu Crossbond
  7. Pemotong

Ini Dia Cara Mudah Membuat Miniature Perahu Praktis dan Mudah

1. Siapkanlah kayu yang akan digunakan untuk membuat perahu mini. Di atas, kami mencontohkan ukuran potongan kayu 5 x 5 x 10 cm untuk membuat perahu yang kecil saja. Anda bisa membuatnya lebih besar sesuai selera.
2. Bersihkan kayu dari debu dan kotoran lainnya.
3. Bentuk potongan kayu supaya mirip perahu. Sederhana saja. Pertama, bentuklah potongan kayu mengkerucut pada salah satu sisinya. Pada panjang 10 cm, potong menyudut pada titik 4 cm dari salah ujung.
4. Setelah itu, lubangi potongan tersebut mengikuti bentuk luarnya.
5. Agar perahu halus, jangan lupa untuk mengamplas craft kecil Anda tersebut.
6. Kini, sediakan potongan kecil kayu. Dengan Crossbond, tempelkan potongan tersebut di atas lubang perahu. Tempelkan dua buah di bagian tengah perahu mini.
7. Saatnya mengecat!
8. Aplikasikan bahan finishing yang menurut Anda menarik. Anda bisa memilih mengecat dengan hasil transparan atau solid.
9. Selesai!

Meskipun langkah-langkah membuat miniature perahu di atas sudah selesai, namun akan lebih menarik bila Anda membuat lebih dari satu atau memasangnya dalam bentuk diorama. Untuk langkah ini, siapkanlah tambahan papan kayu. Di papan ini, Anda bisa mengecatnya dengan warna biru sebagai simbol dari laut atau danau. Setelah itu, tempelkan dengan Crossbond berbagai pernak-pernik khas perairan, misalnya pasir, terumbu karang, hingga miniature pohon kelapa. Setelah itu, rekatkan kapal mini buatan Anda pada papan tersebut. Mudah bukan?

CS BahanPerekat

miniature perahu (2)

Gantungan Kunci?

Selain bisa dibuat menjadi sebuah pajangan di meja, Anda juga bisa membuat perahu-perahu mini tersebut menjadi gantungan kunci. Untuk kebutuhan ini, buatlah perahu dengan ukuran yang lebih kecil dan bentuk yang lebih sederhana.

Selanjutnya, agar ada kait yang bisa dipakai untuk menyambungkan perahu tersebut dengan rantai gantungannya, Anda bisa menggunakan skrup khusus untuk gantungan kunci. Sekrup seperti ini bisa Anda dapatkan di toko-toko kerajinan. Kalaupun Anda tak bisa mendapatkannya, Anda bisa memesannya secara online. Toh, saat ini, jual beli online sangat marak dilakukan. Untuk finishingnya, sebaiknya aplikasikan teknik yang sederhana. Misalnya dengan aplikasi celup saja, sehingga proses yang dilakukan cepat selesai. Biaya produksi pun bisa dihemat. Anda dapat menggunakan cat Orchid yang khusus dibuat unuk kebutuhan seperti ini.

Nah, nanti ketika Anda akan menjualnya, jangan lupas kemas produk perahu mini ini. Ingat, kemas dengan menarik supaya pembeli lebih tertarik. Nah, demikianlah cara untuk membuat miniature perahu kayu dengan mudah dan juga murah. Semoga bermanfaat! Jangan lupa gunakan selalu Crossbond untuk tiap produk wooden craft Anda!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here