meja lipat decoupage

Ada cara super mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat meja antik. Tak hanya mudah, cara ini juga murah meriah dan dipastikan akan mengubah mebel Anda dengan tampilan menarik!

Kesan antik sebetulnya adalah sebuah gaya desain tersendiri. Namun secara umum, gaya antik mengacu pada sesuatu yang lain daripada yang lain dan berasal dari masa lampau. Misalnya saja desain gaya Renaissance di Eropa. Gaya tersebut mengacu pada gaya interior ruangan hingga furniture di zaman pencerahan.

Mebel dengan gaya antik sendiri secara umum bisa dibagi menjadi dua, yakni:

CS BahanPerekat

1. Mebel antik asli yang berusia tua
2. Mebel antik modifikasi atau reproduksi

Mebel repro merupakan mebel yang lebih mudah dibeli dan dicari dibanding mebel antik asli. Anda pun bisa dengan mudah menghasilkan furniture antik dengan suatu cara khusus. Tak percaya? Ikuti saja langkah-langkah sederhananya di bawah ini. Pada kesempatan ini, secara khusus akan kami bagikan tips membuat meja antik dengan cara sangat sederhana.

Alat dan Bahan

Sediakanlah alat dan bahan di bawah ini untuk menghasilkan furniture bergaya antik. Tampilan akhir yang ingin diwujudkan adalah meja dengan pola floral atau pola klasik lainnya dengan background warna tua yang diperkuat dengan glaze.

1. Meja yang akan dimake-over
2. Amplas
3. BioVarnish Wood Stain
4. BioVarnish Black
5. BioVarnish Clear Doff
6. BioVarnish Sanding Sealer
7. Lem Ultra Phaethon
8. Napkin decoupage
9. Kuas
10. Alat tulis dan penggaris
11. Kain

Langkah-langkah Membuat Meja Antik

Secara umum, aplikasi pembuatan meja dengan gaya antik bisa dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah aplikasi finishing dengan glaze, dan yang kedua adalah aplikasi decoupage. Langsung saja, berikut ini adalah caranya:

Glaze

1. Siapkan meja. Bila memungkinkan pilih meja dengan gaya atau model lama supaya kesan antik lebih kuat.
2. Bersihkan meja, ratakan, dan keringkan. Untuk meja yang sudah dicat, ada baiknya menghapus lapisan cat terlebih dahulu.
3. Bersihkan meja dengan amplas.
4. Aplikasikan BioVarnish Sanding Sealer dengan pengenceran sesuai label dan kebutuhan Anda. Pastikan pengencerannya benar-benar merata. Lalu tunggu kering. Setelah lapisan mengering, lakukan pengamplasan secara perlahan agar permukaan lebih halus dan rata.
5. Aplikasikan BioVarnish Wood Stain dengan warna sesuai selera Anda. Lakukan pengenceran sesuai label dan kebutuhan Anda. Pastikan pengencerannya benar-benar merata. Lalu tunggu kering. Setelah lapisan mengering, lakukan pengamplasan secara perlahan agar permukaan lebih halus dan rata.
6. Aplikasikan BioVarnish Glaze dengan pengenceran sesuai label dan kebutuhan Anda. Pastikan pengencerannya benar-benar merata. Lalu sebelum lapisan benar-benar kering, hapuslah lapisan rersebut tapi tak sampai benar-benar habis.
7. Untuk memperkuat kesan tua dan rusak, cungkil juga atau hapus beberapa bagian yang dicat.

Decoupage

Setelah ketujuh langkah di atas selesai dilakukan, ikuti aplikasi decoupage di bawah ini.

1. Pemotongan napkin decoupage.
2. Siapkan lem khusus decoupage yang murah, Ultra Phaethon
3. Rekatkan napkin di bagian yang Anda suka
4. Biarkan lem mengering
8. Setelah lem mengering, aplikasikan BioVarnish Clear Doff (tingkat kilau sangat rendah). Lakukan pengenceran dan pastikan pengencerannya benar-benar merata. Lalu tunggu kering. Setelah lapisan mengering, lakukan pengamplasan secara perlahan agar permukaan lebih halus dan rata.
5. Selesai!

decoupage meja

Nah begitulah cara mudah membuat meja antik hanya dengan bekal keterampilan decoupage serta finishing glaze. Mudah sekali bukan? Update terus informasi dan tutorial seputar dunia furniture lainnya di bahanperekat.com!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here