vas bunga dari pandan (2)

Pandan untuk membuat tas? Itu sudah biasa. Tapi bagaimana bila daun pandan digunakan untuk membuat vas bunga? Itu baru unik. Yuk, langsung saja simak cara membuat vas bunga dari daun pandan berikut ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Membuat Vas Bunga

1. Alas berbentuk lingkaran sesuai ukuran vas. Alas bisa terbuat dari karton ataupun tripleks sisa.
2. Daun pandan yang sudah siap dianyam.
3. Lem Ultra Phaethon. Kami tidak merekomendasikan pemakaian lem lainnya, karena belum tentu lem yang sembarangan dibeli bisa dipakai untuk kebutuhan ini.
4. Kuas
5. Wadah untuk menempatkan lem
6. Gunting atau cutter

Finishing Vas Bunga

Untuk finishingnya, Anda bisa menggunakan aneka bahan finishing yang tersedia di pasaran. Yang pasti, pilih bahan finishing dari jenis water based karena lem yang digunakan adalah dari jenis water based juga. Produk water based juga unggul karena jauh lebih aman serta tidak menyebabkan bau menyengat pada produk.

CS BahanPerekat

Langkah-langkah

Membuat Vas Bunga

1. Siapkan semua alat dan bahan yang telah disebutkan di atas. Kumpulkan pada ruangan khusus di mana Anda akan mengerjakan proyek ini.
2. Siapkan daun pandan yang siap dianyam.
3. Sediakan karton atau tripleks untuk alas vas bunga.
4. Dari luas dan bentuk alas rangka karton dan tripleks, lakukan pengayaman pada daun pandan di bagian tengah sehingga menyisakan bahan lainnya untuk dianyam sebagai badan vas. Buat dua buah.
5. Tangkupkan kedua anyaman daun pandan, letakkan karton dan tripleks di bagian tengahnya. Rekatkan menggunakan Ultra Phaethon.
6. Selanjutnya, siapkan silinder yang Anda gunakan sebagai rangka. Lapisi dulu dengan plastik.
7. Tempatkan pada posisi vertikal tegak lurus dengan alas.
8. Anyam daun pandang mengitari rangka.Gunakan daun lain untuk anyaman alur horizontalnya.
9. Selanjutnya, ambil Ultra Phaethon.
10. Oleskan lem secara merata pada keseluruhan daun pandan yang telah dianyam mengitari rangka.
11. Tunggu sampai lem kering.
12. Setelah lem benar-benar kering, ambil rangka secara hati-hati.
13. Kini, Anda memiliki bentuk awal vas bunga yang sudah jadi. Langkah berikutnya lakukan proses finishing dengan mengikuti keterangan di bawah ini.

Finishing Vas Bunga

Untuk finishingnya, ada beberapa opsi yang bisa Anda ambil. Pilih saja yang sesuai dengan selera yang Anda sukai.

Pertama, finishing warna natural. Caranya mudah saja, Anda bisa mengaplikasikan cat-cat transparan alami pada daun pandan, seperti Biopolyture dan BioVarnish. Bila Anda menggunakan BioVarnish, kombinasikan dengan clear coat sebagai pelapis transparan akhirnya. BioVarnish sendiri tersedia dalam berbagai warna mulai dari walnut brown sampai sonokeling. Tipe finishing seperti ini akan membuat keindahan alami daun pandan termaksimalkan namun dengan tambahan warna natural lain.

Kedua, Anda bisa menggunakan warna solid dari cat Orchid. Misalnya warna merah, ungu, hingga kuning. Cat orchid juga tersedia dalam warna metalik seperti emas dan perak yang tak kalah menarik.
Ketiga, Anda bisa menerapkan clear coat atau top coat saja. Tanpa aplikasi warna, Anda akan membuat keindahan alami daun pandan terpancar dengan menawan.

Nah demikianlah langkah-langkah membuat craft ini. Mudah bukan cara membuat vas bunga dari daun pandan tersebut? Selain mudah hasilnya pun sangat menarik dan bisa Anda jual.

vas bunga dari pandan

Semoga bermanfaat ya! Yuk, langsung membuat vas bunga dari daun pandan!

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here