produk papan bambu
Gluebam

Meski kuat, namun finger joint memiliki kelemahan yang seringkali berkaitan dengan estetikanya. Dengan panjang garis penyambungan, resiko glue line akibat lem berkualitas buruk bisa menyebabkan kerugian. Sehingga amat penting bagi kita untuk mengupayakan penggunaan lem kayu untuk finger joint tanpa garis lem.

Mencermati Ulang Finger Joint dan Karakternya

Telah dibahas pada beberapa artikel sebelumnya, bahwa sambungan finger joint merupakan salah satu tipe sambungan paling populer. Finger joint yang juga memiliki nama box joint ini pun bukan hanya dikenal di bidang industri, namun juga banyak diajarkan di sekolah-sekolah teknik perkayuan. Hal ini bukannya tanpa sebab. Finger joint secara umum menawarkan kekuatan yang sangat baik. Bagi beberapa orang, tampilan finger joint juga dianggap sangat menarik.

Meski demikian, finger joint juga memiliki beberapa catatan kekurangan. Salah satunya disebabkan panjangnya garis penyambungan pada tipe joinery ini. Meski menarik, namun bila sambungan ini dilem dengan lem yang bisa menyebabkan glue line jelas bisa menghasilkan prdouk dengan estetika buruk. Kecantikan kayu saling-silang pada finger joint tak akan lagi terlihat menarik dengan adanya warna akibat lem yang kontras. Hal inilah yang patut dicermati tatkala mengaplikasikan finger joint.

Usahakan Lem Kayu untuk Finger Joint tanpa Garis Lem

CS BahanPerekat

Untuk mengatasi kekurangan finger joint, tak ada solusi lain yang bisa diterapkan kecuali penggunaan lem yang tidak menyebabkan warna pada glue line. Kabar baiknya, Anda tak akan sulit menemukan lem seperti ini di pasaran. Apalagi dengan pembelian yang di era ini sudah bisa dilakukan secara online dari wilayah-wilayah yang sebenarnya sangat jauh.

Hadirnya Crossbond di pasar retail bisa Anda andalkan sebagai perekat box joint tanpa glue line. Adhesive ini memang sejak awal diformulasikan bukan untuk merekatkan kayu dengan kuat saja. Menyadari bahwa fungsi lem juga berdampak pada estetika sebuah produk, Crossbond didesain sedemikian rupa sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan estetika. Bahkan dengan kualitasnya yang baik, Crossbond sebagai lem kayu untuk finger joint tanpa garis lem justru akan membantu meningkatkan keindahan produk terkait. Misalnya dengan sifatnya yang tahan lama sehingga bisa mempertahankan kecantikan produk juga.

Jadi, tunggu apa lagi? Kita tak perlu khawatir memilih lem untuk finger joint selama ada Crossbond bukan?

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here