Distributor Lem Kayu Konstruksi Crossbond

Sejak beberapa tahun terakhir, lantai kayu laminasi atau deck menjadi trend untuk dekorasi bangunan. Jenis lantai ini hadir dengan kesan hangat alami, baik di dalam maupun di luar ruangan. Lantai deck memiliki proses pembuatan yang cukup sehingga dapat dikerjakan sendiri oleh pemilik rumah. Proses pengerjaan lantai kayu akan membutuhkan lem kayu untuk laminasi. Dalam hal ini, kualitas produk dan keamanan menjadi bahan pertimbangan penting.

Awalnya, deck ditemukan pada kapal. Kemudian, jenis lantai ini merambah ke dalam dekorasi exterior rumah dan bangunan lainnya. Selanjutnya, lantai deck juga menghiasi bagian dalam ruangan mulai dari ruang tamu sampai dapur. Bahkan, sebagian orang meletakkan lantai kayu di kamar mandi. Akan tetapi, ada satu hal menarik terkait dengan lantai dari kayu. Bahan alam ini digunakan untuk mendekorasi atap rata bersamaan dengan kebun dan furniture eksterior.

Tips Membuat Lantai Deck untuk Kebun Atap

CS BahanPerekat

Kebun merupakan ruangan terbuka yang berada di luar rumah. Area ini dapat dibuat di halaman depan maupun halaman belakang. Namun, jenis kebun ini membutuhkan area yang luas sehingga rumah-rumah di daerah perkotaan sulit untuk mendapatkan kebun seperti ini. Sebenarnya, solusi dekorasi luar ruangan ini sudah ada. Masyarakat yang tinggal di rumah kecil atau di kota dapat membuat kebun atap. Pada umumnya, kebun atap memiliki lantai dari kayu atau deck. Kemudian, lantai didekorasi dengan konsep minimalis. Selain tananam, kebun atap juga ditambah dengan furniture eksterior.

Lantai deck untuk kebun atap dapat dibuat secara manual. Bahan yang dibutuhkan ialah kayu laminasi dan lem kayu untuk laminasi. Mengapa bahan yang digunakan bukan kayu balok? Kayu laminasi memiliki bobot jauh lebih ringan dibanding dengan kayu balok. Bahan baku ini tentunya tidak akan membuat atap beton atau semen memiliki beban yang sangat berat. Proses pembuatan lantai kayu laminasi memiliki beberapa tahap. Berikut tahapan-tahapan pembuatan lantai kayu atau deck dengan proses laminasi:

  1. Atap harus dibuat dari beton bukan genteng
  2. Periksa kekuatan dan kerataan atap. Pastikan atap benar-benar rata tidak ada gundukan atau butiran.
  3. Membersihkan permukaan atap beton dari kotoran, debu, dll. Kondisi atap yang akan dilapisi dengan kayu laminasi harus benar-benar kering
  4. Memasang lembaran pengontrol uap. Atap beton harus dilapisi dengan lembaran alumuniun foil atau plastik sebelum di proses penempelan kayu. Hal ini berfungsi untuk mengontro uap yang muncul dari atap beton.
  5. Menyeting atau mengatur elevasi permukaan kayu dengan pintu. Kebun atap dapat di aplikasikan pada balkon yang berhubungan langsung dengan ruangan lain. Pengaturan elevasi kayu membuat pintu dapat bergerak dengan baik saat proses membuka dan menutup. Sehingga, pintu tidak akan menggesek lantai dibawahnya.
  6. Memasang lembaran pertama dengan jarak kayu dari dinding sekitar 1 cm. Kemudian dorong sampai menyentuh dinding. Proses pemasangan lembaran berikutnya hampir sama dengan menggunakan lem.
  7. Pemasanga lembaran kunci berfungsi untuk membuat tampilan lebih rapi.

Crossbond X 4 sebagai Lem kayu untuk Laminasi Lantai Luar Ruangan

Lantai kayu laminasi atau deck untuk luar ruangan memiliki kriteria yang berbeda. Kayu yang digunakan harus lebih kuat dibanding dengan lantai kayu dalam ruangan. Selain bahan utama, bahan perekat yang digunakan juga harus memiliki keunggulan lebih. Lem Crossbond X 4 merupakan produk yang tepat untuk proses laminasi di luar ruangan. Jenis bahan perekat ini efisien, ramah lingkungan, cepat kering, tidak beracun, daya sebar luas, daya rekat kuat, tahan air, dll.

Lem Crossbond X 4 tidak mengandung formalin yang membahayakan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh bahan baku lem dari polynivyl acetate (PVAc) dan air. Jenis lem ini tahan air sehingga cocok untuk kebutuhan luar ruangan. 

Memiliki kebun di atap merupakan ide dekorasi rumah yang menyenangkan. Tempat ini membuat keluarga dapat berkumpul bersama lebih akrab. Mereka dapat menikmati keindahan alam dan udara segar dengan cara yang berbeda.  Memilih lem kayu untuk laminasi lantai deck yang ramah lingkungan membuat kebersamaan mereka semakin bermakna.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here