meja garden hpl
meja garden hpl

Jati atau Tectona grandis adalah salah satu kayu yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku mebel dan kerajinan. Dalam proses pengerjaannya tentu dibutuhkan lem untuk kayu jati yang tepat. Seperti apakah bahan perekat yang baik untuk material ini?

Aspek-aspek pemilihan lem secara umum sebenarnya bisa langsung diaplikasikan pada jati. Pasalnya, selain terkenal karena tampilannya menarik, jati juga sangat diunggulkan karena proses pengolahan yang mudah. Kayu ini jarang menimbulkan kesulitan baik saat difinishing maupun dilem. Memang, kadang-kadang terdapat masalah karena produksi minyak yang dihasilkan jati. Namun secara umum, masalah tersebut mudah diatasi dengan menghilangkan natural oilnya secara manual.

Lem untuk Kayu Jati yang Bagus

Dengan tidak adanya kriteria khusus yang harus diperhatikan, bukan berarti kita lantas sembarangan membeli bahan perekat  untuk kayu ini. Sebagaimana disebut di atas, pemilihan adhesive yang baik seyogyanya juga diterapkan untuk menunjang mebel dan craft yang dihasilkan. Justru kita akan menyia-nyiakan potensi mahalnya produk bila digunakan bahan perekat yang buruk.

Tips Memilih Lem untuk Kayu Jati

Kuat dan Tahan Lama

CS BahanPerekat

Pilih lem yang kuat dan tahan lama. Aspek ini merupakan salah satu aspek inti dan terkait langsung dengan tujuan utama kita melakukan pengeleman. Apa gunanya lem diterapkan bila tidak berdaya rekat kuat dan mudah rusak?

Lem Indoor atau Outdoor?

Tidak semua lem bisa digunakan untuk outdoor. Lem-lem indoor sudah jelas tak mungkin Anda gunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Namun di sisi lain hampir semua lem outdoor bisa digunakan untuk indoor. Jadi yang perlu Anda khawatirkan adalah saat memilih lem untuk outdoor. Kayu jati memang terkenal awet, tapi produk jatinya bisa jadi kurang awet bila lem yang digunakan berkualitas buruk.

Laminasi atau Konstruksi?

Terdapat dua tipe pengeleman. Yang pertama adalah konstruksi. Tipe perekatan ini diaplikasikan pada berbagai mebel seperti kursi dan meja jati. Sedangkan tipe pengeleman yang kedua adalah tipe laminasi. Tipe ini dapat diaplikasikan untuk pengeleman panel serta parket kayu. Contohnya Crossbond™ yang bisa dibedakan atas kebutuhan ini:

  1. Crossbond™ X3 untuk pengeleman konstruksi.
  2. Crossbond™ X4 untuk pengelaman laminasi.

Keamanan

Selain berbagai aspek penting kala membeli lem untuk kayu jati di atas, aspek keamanan jangan sampai dilupakan. Apalagi bila Anda hendak mengekspor produk Anda keluar negeri. Tentu saja lem yang digunakan tidak bisa dipilih sembarangan. Apalagi untuk jati-jati yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kitchenware.

CS BahanPerekat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here